Pembelajaran Daring di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan: Analisis Efektivitas Penggunaan Learning Management System Space

Bashori Bashori, Novebri Novebri, Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya pengukuran keberhasilan dalam proses pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di LPTK UIN Imam Bonjol Padang. Selain kebutuhan tersebut, penilaian dari para mahasiswa dibutuhkan sebagai upaya perbaikan secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa PPG tentang perkuliahan daring melalui perangkat Learning Management System (LMS) Space. Strategi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah setiap mahasiswa aktif yang terdaftar di program studi pendidikan profesi guru mapel PAI pada tahun 2022 di LPTK UIN Imam Bonjol Padang. Sampel penelitian sebanyak 150 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPG Daljab dapat berjalan secara efektif dan efisien. Hal tersebut diperoleh hasil kinerja unit pelayanan berada pada kategori baik atau memiliki kualitas pelayanan dengan nilai A yang ditunjukkan melalui penilai skor pada interval indeks kinerja mutu sebesar 3,45.


Keywords


Efektivitas Pembeljaran Daring, Learning Management System

Full Text:

PDF

References


Ali, N., Miftahusyai`an, M., Prasetyo, A. T., & Muttaqin, M. I. (n.d.). Developing religious culture through integrative religious practice in Indonesian State Islamic University. El Harakah, 22(1), 117–132. https://doi.org/10.18860/el.v22i1.8726

Arikunto, S. (n.d.). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta..

Bashori, B., & Putri, D. A. (2022). The Relationship of Education Financing Management to Effectiveness and Efficiency in the Learning Process. Jurnal Prajaiswara, 3(1), 51–64.

Bashori, B., & Zulkifli, Z. (2022). Penerapan Manajemen Keuangan Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 159–173.

Bauer, L., Pitts, A., Ruffini, K., & Schanzenbach, D. W. (2020). The effect of Pandemic EBT on Measures of Food hardship. The Hamilton Project: Brookings, July. https://cpb-us-w2.wpmucdn.com/web.sas.upenn.edu/dist/0/610/files/2020/11/PaperDraft_COVIDChildcareClosures-3.pdf

Heidinger, T., & Richter, L. (2020). The Effect of COVID-19 on Loneliness in the Elderly. An Empirical Comparison of Pre-and Peri-Pandemic Loneliness in Community-Dwelling Elderly. Frontiers in Psychology, 11, 585308. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.585308

Indra, R., Kustati, M., Saregar, A., Warnis, W., Nelmawarni, N., & Yusuf, Y. Q. (n.d.). The effect of principals’ leadership towards effective learning at an Indonesian secondary school. European Journal of Educational Research, 9(3), 1063–1074. https://doi.org/10.12973/eu-

Irawan, S., & Listyaningsih, L. (n.d.). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online. SCHOLARIA : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 216–225. https://doi.org/https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4299

Magsamen-Conrad, K., & Dillon, J. M. (n.d.). Mobile technology adoption across the lifespan: A mixed methods investigation to clarify adoption stages, and the influence of diffusion attributes. Computers in Human Behavior, 112, 106456. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106456

Mahmudi, I. S., Mas’ula, M., & Purnamawati, P. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Dengan Metode Blended Learning Melalui Jejaring Moodle Dan Google Class Room Pasca Covid 19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1208

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Masriani, M., Syarifudin, S., Sain, M., Hasnawati, H., Mardiah, M., Faridatul, F., & Bashori, B. (2022). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Provinsi Riau. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Mori, N., & Mlambiti, R. (n.d.). Determinants of customers’ adoption of mobile banking in Tanzania: Further evidence from a diffusion of innovation theory. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation, 16(2), 203–230. https://doi.org/https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=884848

Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154–163. https://doi.org/10.32315/jlbi.v12i3.252

Nilasari, S. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin Kerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Novita, M., Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., Badarussyamsi, B., & Nurlailisna, N. (2022). Student Entrepreneurship Development Model at Universities in West Sumatera, Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1205–1218.

Prisuna, B. F. (n.d.-a). Efektivitas media pembelajaran daring melalui Google Meet pada mata kuliah metodologi penelitian kualitatif. Jurnal Pena Edukasi, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.54314/jpe.v8i1.531

Prisuna, B. F. (n.d.-b). Pengaruh penggunaan aplikasi Google Meet terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 45–49. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39160

Prisuna, B. F., & Budiyono, B. (2022). Persepsi mahasiswa pendidikan profesi guru dalam jabatan terhadap efektivitas pembelajaran daring menggunakan Learning Management System (LMS) Space. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.47887

Rosa, A. T. R., & Mujiarto, M. (n.d.). Teacher development potential (Creativity and innovation) education management in engineering training, coaching and writing works through scientific knowledge intensive knowledge based on web research in the industrial revolution and society. International Journal of Higher Education, 9(4), 161–168. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p161

Ruslan, R. (n.d.). Validitas isi. Majalah Pa’biritta LPMP Sulawesi Selatan.

Sarikhani, Y., Shojaei, P., Rafiee, M., & Delavari, S. (n.d.). Analyzing the interaction of main components of hidden curriculum in medical education using interpretive structural modeling method. BMC Medical Education, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.29981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.