Pengintegrasian Kurikulum Madrasah Diniyah Pada Sekolah Formal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian kurikulum madrasah diniyah wustho pada sekolah formal yakni SMP Diniyah Turi lamongan. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami desain kurikulum dan pengintigrasian kurikulum madrasah diniyah pada sekolah formal, serta mengeahui implikasi dari pengintegrasian. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, data yang dilakukan dalam penelitian meliputi sumber data primer dan skunder, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan integrasi ini SMP Diniyah telah merancang desain sebaik mungkin, pengintegrasian yang dialkukan merupakan langkah strategis untuk menciptakan Pendidikan yang holistic dan inklusif. Dukungan utama dalam pengintegrasian ini adalah karena dukungan untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan lokasi sekolah yang berada lingkungan pondok, Adapun implikasi dari pengintegrasian terhadap pencapaian akademik dan karakter peserta didik menunjukkan dampak positif, namun tidak dapat dipungkiri masih terdapat kelemahan dalam pengintegrasian yang dilakukan yakni dalam proses pembelajaran masih cenderung menggunakan metode klasik sehingga mempengaruhi semangat belajar peserta didik.
Kata kunci: Integrasi, Madrsah Diniyah, Sekolah Formal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Putri Wulandari. (2020). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum 2013 Di SMK Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 20–34. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.68
Afif, Z. N., & Etikoh, N. (2023). Efektivitas Integrasi Muatan Lokal Pendidikan Diniyah Dalam Peningkatan Kemampuan Pendidikan Agama Islam Siswa: Studi Kasus di SMPN 5 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 338–349. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1181
Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5
Al-Jannah, S., & Aly, H. N. (2023). Kurikulum Seba
gai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik untuk Masa Depan yang Berkilau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 540–548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18069
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Dacholfany, M. I. (2017). INISIASI STRATEGI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA ISLAMI DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01). https://doi.org/10.24127/att.v1i01.330
Dafid Fajar Hidayat. (2022). DESAIN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300
Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547
Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Peran Madrasah Diniyah An Nur dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.50
Julhadi, J. (2019). PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya. Mau’izhah, 9(2). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.26
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kusnandi, K. (2017). Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(2), 279–297. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138
Kusuma, Y. (2018). MODEL-MODEL PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BTQ DI TPQ/TPA DI INDONESIA. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520
Kusumawati, I. & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Masrukin, A., & Arba’i, A. (2018). Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran SKI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII - H MTs Al- Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3), 451–466. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.743
Mastur, A. (2022). Integrasi Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya. TARBAWI, 10(2), 165–183. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.215
Mita Silfiyasari & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218
Muhaimin, Suti’ah, & Prabowo, S. L. (2015). Manajemen Pendidikan (p. 5). Predana Media Group.
Mujayaroh, M., & Rohmat, R. (2020). Pengelolaan dan Pengalokasian Dana Pendidikan di Lembaga Pendidikan. Arfannur, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.151
Murdianto, E. (2020). Penelitian kualitatif. UPN Veteran Yogyakarta Press.
Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122
Najizah, F. (2021). MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DALAM ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS. Kuttab, 5(2), 101. https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.684
Ningrum, E. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Nur Efendi & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Nurlaela, T., Amaliya Nasucha, J., & Husnur Rofiq, M. (2024). Pemberdayaan Madrasah Diniyah: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam. IJOSS: Interdisciplinary Journal of Social Sciences, 1(1), 1–14.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia. (2014). No 15 Tahun 2014 “Pendidikan Agama Islam” Pasal 24.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2007). Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Pasal 25, Ayat 5, 15.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.
Putri, R. E. (2020). PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH MALALO. El -Hekam, 5(2), 189. https://doi.org/10.31958/jeh.v5i2.2661
Reza, S., & Basiran. (2023). EFEKTIFITAS MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN AKHLAK PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR:(STUDI KASUS SANTRI DI MADRSAH DINIYAH TAKMILIYAH NURURROHMAN). Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(3), 110–116.
Rivalina, R. (2015). KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 165–176. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121
Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Salamah, U. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.230
Selvia, N. L. (2024). Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam pada Era Reformasi: Di Sekolah Umum, Madrasah, Pondok Pesantren dan Majlis Taklim. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 792. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3465
Sugiyono. (2012). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Syarif, F. (2017). Analisis Metode Pembelajaran Ilmu Nahwu Pada Majelis Taklim al-Amanah Kebon Jeruk Jakarta Barat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 31–60. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.031-03
Syaukani. (2022). Implementasi program madrasah diniyah takmiliyah wustha di sekolah menengah pertama negeri kabupaten siak. UIN Sultan Syarif Kasim.
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 467–476. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102
Zahroh, C. ‘aisyatud da’watiz. (2016). Model madrasah diniyah takmiliyah terintegrasi Pada sekolah dasar negeri sindurejan yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Zamjani, D. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mata Pelajaran Agama Islam. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 26–29. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.30
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.29911
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam
Potensia: Jurnal Kependidikan Islam
E-ISSN: 2442-5605
Published By:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id
Indexed By:
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.