Transformasi Pendidikan Oleh B.J. Habibie Hingga Lahirnya Man Insan Cendekia Padang Pariaman (1996-2022)

Ray Silva, Ofianto Ofianto, Siti Fatimah, Hendra Naldi, Cyindi Noviani, Fini Fajri Mulyani

Abstract


Label yang melekat pada diri B.J. Habibie adalah sebagai seorang ahli teknologi. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ia pernah menjadi MENRISTEK selama 20 tahun. Pada tahun 1996 ia berupaya mendirikan sekolah dengan menerapkan IPTEK dan IMTAQ secara berimbang sehingga menjadi Magnet School di Indonesia.  Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh pengetahuan warisan ide pendidikan B.J. Habibie yang saat ini masih ada di Indonesia yaitu MAN Insan Cendekia. Studi ini menerapkan metode penelitian sejarah dengan menerapkan beberapa langkah seperti Heuristik, Verifikasi, Interpretasi (Kegiatan Penafsiran), dan historiografi (Penulisan Sejarah). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa B.J. Habibie memiliki warisan ide pendidikan yang mencerminkan jati dirinya sebagai seorang yang cerdas namun bertaqwa kepada tuhannya. MAN Insan Cendekia memiliki visi untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam aspek keimanan dan ketakwaan, serta memiliki penguasaan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.  Hingga tahun 2024, MAN Insan Cendekia telah menyebar di 23 lokasi di seluruh Indonesia, di Kabupaten Padang Pariaman salah satunya. Kehadiran MAN Insan Cendekia di Padang Pariaman menandai pencapaian sejarah baru sebagai kabupaten yang memiliki sekolah unggul dengan peringkat pertama di Sumatera Barat.

 

Kata Kunci : Transformasi, Pendidikan, B.J. Habibie, Madrasah, MAN Insan Cendekia


Keywords


Education Ideas, B.J. Habibie, MAN Insan Cendekia

Full Text:

PDF

References


Aditia Muara Padiatra. (2020). Ilmu Sejarah : Metode Dan Parktik. Penerbit JSI Press.

Andi Makmur Makka. (2008). The True Life Of Habibie : Cerita Di Balik Kesuksesan. Pustaka IlMan.

Away Baidhowy. (2021). Saya Dan Insan Cendekia (edisi 25 tahun man insan cendekia serpong) (1st ed.). CV.Ids.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2023. Diakses di https://sumbar.bps.go.id/

Dedi Junaedi, Ishom Fuadi Fikri, Kusaeri Kusaeri, E. F. R. (2023). A Model of Modern Islamic Education: MAN Insan Cendekia in Indonesia and Imam-Hatip High School in Turkey. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v14i1.16069

Faridah Alawiyah. (2014). Pendidikan Madrasah Di Indonesia. Journal Aspirasi , 5(1).

Fathurrahman, Lailatul Fitriyah, Tsamar Nur Aini, Moses Adeleke Adeoye, & Ahmad Muzakki Hakim. (2024). Optimizing Madrasah Quality: A Strategic Approach to Human Resource Management. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 8.

Floriberta Aning. (2005). 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia: Biografi Singkat Seratus Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia di Abad 20. Penerbit Narasi.

Halaman PTSP MAN Insan Cendekia Padang Pariaman diakses di https://ptsp.icpp.sch.id/

Herlina, N. (2020). Metode sejarah. In Satya Historika (Vol. 110, Issue 9). Satya Historika. http://digilib.isi.ac.id/6127/2/Pages from Metode Sejarah Revisi Akhir 2020.pdf

Hoktovianus, H. (2022). Tujuh Tahun MAN Insan Cendekia Padang Pariaman Berprestasi (1st ed.). MAN Insan Cendekia Padang Pariaman.

Kamil, S., & Darojat, Z. (2019). Mosques and Muslim Social Integration: Study of External Integration of the Muslims. Insaniyat: Journal of Islam and Humanities, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.15408/insaniyat.v4i1.12119

Kementerian, Pendidikan, Keudayaan, Riset dan Teknologi pada https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yayasan Bintang.

Latief, H., Robani, A., Kamarudin, M. F., & Rozikan, R. (2021). Becoming the State-Funded Madrasah or Retaining Autonomy: The Case of Two Madrasahs in Kelantan. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 9(1), 1. https://doi.org/10.21043/qijis.v9i1.7620

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Padang Pariaman ‘’Sejarah Madrasah’’ diakses pada 14 November 2022 di https://icpp.sch.id/

Mappasiara. (2018). PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 147. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940

Mas’ud, A., Fuad, A. Z., & Zaini, A. (2019). Evolution Aand Orientation Of Islamic Education In Indonesia And Malaysia. JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM, 13(1), 21. https://doi.org/10.15642/JIIS.2019.13.1.21-49

Metha Jaya, I. M. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Penerbit Graha Ilmu.

Misbah, M. M. (2018). The Interpretation of Historical Facts: The Study of Historical Writing in the Perspective of Exposition Paragraph. Insaniyat: Journal of Islam and Humanities, 3(1), 47–58. https://doi.org/10.15408/insaniyat.v3i1.8420

Mustaqim. (2022). Upgrading The Quality of Indonesian Youth: A Case Study at Taruna Nusantara Vocational High School, Magelang, Indonesia. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam , 16(1), 7.

Mustopa, M. (2014). Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 261–281. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.581

Prof. H. Mahmud Yunus. (1996). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Hidakarya Agung .

Ray Silva, A. S. (2023). Sekitar Pendirian Sampai Periode Awal MAN Insan Cendekia Padang Pariaman : Studi Sejarah Lembaga. Jurnal Kronologi, 5(1), 101–116. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jk.v5i1.596

Rifa’i, A. A. (2019). Religious and Tolerant Attitudes of University Students: A Comparative Study. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 27(1), 125–148. https://doi.org/10.21580/ws.27.1.3872

Safkolam, R., Nuangchalerm, P., Zaky El Islami, R. A., & Saleah, P. (2023). Students’ Understanding of Nature of Science in Islamic Private School. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.21308

Tata Tertib Siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Diakses pada https://icpp.sch.id/tata-tertib-siswa/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diakses pada https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.29215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.