Penggunaan Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Al-Qur'an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madin Nurul Huda Brangsi

Muhammad Awwaludin Aprilianto, Abdulloh Hamid, Irfan Tamwifi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menggali informasi tentang penggunaan metode blended learning dengan model flipped classroom untuk pembelajaran al-Qur’an di Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Brangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dan fokus penelitian ini terdapat pada perencanaan dan strategi pembelajaran, pelaksanaan penggunaan model flipped classroom, dan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis Miles dan Hubbermann. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memusatkan pembelajaran pada peserta didik, keaktifan peserta didik meningkat dan hasil belajar yang membaik meskipun tidak secara signifikan. Adapun faktor pendukung dari model pembelajaran flipped classroom ini adalah setiap peserta didik telah memiliki media utama yaitu ponsel yang sudah terunduh aplikasi whatssapp yang tidak begitu membutuhkan jaringan yang kuat dan kuota internet yang mencukupi. Sedangkan beberapa kendala seperti penyelahgunaan media ponsel hingga terkadang perangkat seluler mengalami masalah, serta waktu yang kurang konsistem menjadi faktor penghambat.


Keywords


Blended Learning, Flipped Classroom, Pembelajaran al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Agasi, D., Oktarina, R., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 10763–10768. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4133%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4133/3467

Ahmad, N., Noni, N. S., & Sapari, J. (2023). Impak Pendekatan Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Tahap Motivasi. Asian Pendidikan, 3(1), 60–68.

Alsharbi, B. M., Mubin, O., & Novoa, M. (2021). Quranic education and technology: Reinforcement learning system for non-native Arabic children. Procedia Computer Science, 184(2019), 306–313. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.007

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Chen, T., Luo, H., Wang, P., Yin, X., & Yang, J. (2023). The Role of Pre-class and in-Class Behaviors in Predicting Learning Performance and Experience in Flipped Classrooms. Heliyon, 9(4), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15234

Choiri, M. M., & Sidiq, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Dewi, R., Ahmad, A., & Zulfikar, Z. (2020). Problematics of the Qur ’ an Learning in the Industry Era. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72–92. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/8624

Fathra, F. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pengajaran Al-Qur’an dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Atthiflah: Journal of Early Chillhood Islamic Education, 10(2), 209–219.

Firmansyah, F., Kejora, M. T. B., & Akil. (2021). Studi Analisis Pemanfaatan Whatsapp dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak pada Siswa Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2886–2897. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1018

Flores-Alarcia, Ò., del-Arco Bravo, I., Ramos-Pla, A., & Espart, A. (2022). Without fear of change: the flipped classroom as a flexible model in different learning environments. Heliyon, 8(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12160

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149–164. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif). Kencana.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Penerbit Pustaka Ilmu.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Holm, L. B., Rognes, A., & Dahl, F. A. (2022). The Flipped Step Study: A Randomized Controlled Trial of Flipped vs. Traditional Classroom Teaching in A University-Level Statistics and Epidemiology Course. International Journal of Educational Research Open, 3(August), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100197

Indriya, I. (2020). Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15050

Joy, P., Panwar, R., Azhagiri, R., Krishnamurthy, A., & Adibatti, M. (2023). Flipped classroom – A student perspective of an innovative teaching method during the times of pandemic. Educacion Medica, 24(2), 100790. https://doi.org/10.1016/j.edumed.2022.100790

Kurniawan, E., Muslim, S., Joko, & Rijanto, T. (2023). Meningkatkan Tingkat Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 6(1), 53–64.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

McCarthy, S., & Palmer, E. (2023). Defining an Effective Approach to Blended Learning in Higher Education: A Systematic Review. Australasian Journal of Educational Technology, 39(2), 98–114. https://doi.org/10.14742/ajet.8489

Munir, V. M., & Hamid, A. (2020). Penerapan Flipped Learning Dengan Media Video Pada Fiqih Kelas Xii Ipa 1 Di Ma Bahrul Ulum Blawi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 177–184. https://doi.org/10.35931/aq.v14i2.347

Nurhidin, E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelas Terbalik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 61–76.

Nurjannah, Lodang, H., & Nahdawati. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 1 Malunda. JP-3: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 95–102.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–139. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Rahman, R., & Saparuddin. (2022). Efektivitas Penerapan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 9 Makassar. Biogenerasi, 7(1), 40–49.

Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 48–59.

Ruzafa-Martínez, M., Molina-Rodríguez, A., Pérez-Muñoz, V., Leal-Costa, C., & Ramos-Morcillo, A. J. (2023). Effectiveness of the flipped classroom methodology on the learning of evidence-based practice of nursing students: Quasi-experimental design. Nurse Education Today, 128(February). https://doi.org/10.1016/j.nedt.2023.105878

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Staddon, R. V. (2022). A supported flipped learning model for mathematics gives safety nets for online and blended learning. Computers and Education Open, 3(April), 100106. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100106

Wijaya, M., & Hasanah, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Melalui Flipped Classroom. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.28398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.