Kurikulum Qur’ani Pendidikan Dasar ditinjau dari Periodesasi Makiyah

Hidayatullah Ismail, Nasrul Fatah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bertujuan membahas konsep kurikulum pendidikan dalam al-Qur’an pada periode Makiyah. Kurikulum Qur’ani yang dimaksud adalah sebuah panduan atau konsep kurikulum pendidikan yang didasarkan pada tuntunan al-Qur’an dan penjelasan langsung dari Rasulullah saw. Keberhasilan kurikulum Qur’ani telah terbukti dengan lahirnya generasi hebat dimasa awal perkembangan Islam yaitu para sahabat yang menjelma menjadi pemimpin dunia. Makiyah dan Madaniyah tidak hanya tentang periodesasi turunya al-Qur’an, melainkan juga memiliki makna dan tujuan serta kurikulum pengajaran bagi para aktor pelaku sejarah pada masa turunnya. Kurikulum Qur’ani pada periode Makiyah merupakan hasil turunan dari karakteristik ayat-ayat Makiyah. Secara umum kurikulum Makiyah memiliki beberapa tema substantif yaitu: Orientasi pada pondasi keimanan, pembiasaan ibadah, penanaman akhlak terpuji, sederhana, mengesankan dan intens, pendekatan dengan kisah dan alam semesta. Mengingat periode Makiyah adalah periode awal turunya al-Qur’an, maka kurikulum Makiyah sesuai untuk jenjang pendidikan awal atau pendidikan dasar.

  TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Malay Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Malay to EnglishPRO
Never translate Malay
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Kurikulum Qur’ani; Makiyah; Pendidikan dasar

Full Text:

PDF

References


Abdillah. 2016. “Eskatologi Kematian Dan Kemenjadian Manusia.” JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 1 (1): 121–34.

Abong, Rustam. 2015. “Konstelasi Kurikulum Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal At-Turats 9 (2): 44.

Al-Bantani, Nawawi. Tt. Tafsir Al-Munir. Vol. 2. Tp: Dar Ihya’ Kutub Al-‘Arabiyah.

Al-Kandahlawi., Yusuf. Tt. Mukhtashar Hayat Al-Shahabah.

Al-Qathan, Manna’ Khalil. 2011. Mabahits Fi ‘Ulum Al-Qur’an, Terj. Bogor: Litera Antarnusa.

Al-Shabuni, Muhammad ‘Ali. 1981. Shafwat Al-Tafasir,. Vol. 1. Tp: Dar Al-Qur’an Al-Karim.

Arifin, Zainal. 2016. “104Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Indonesia Dalam Globalisasi Ekonomi ASEAN.” Al-Qodiri; Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 11 (2): 104–18.

Asri, M. 2017. “Dinamika Kurikulum di Indonesia.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4 (2): 192–202.

Bek, Muhammad Khudhari. 1967. Tarikh Al-Tasyi’ Al-Islami. Mesir: Maktabah Al-Tijariyah Al-Kubra.

Hakim, Lukmanul, and Afriadi Putra. 2022. “Signifikansi Makkiyah Madaniyah Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran Al-Qur’an.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 3 (1): 95–113. https://doi.org/10.35961/rsd.v3i1.472.

Husni, Muhammad. 2019. “Studi Al-Qur’an: Teori Al Makkiyah Dan Al Madaniyah.” Al-Ibrah 4 (2): 68–84.

Jati, Ira Puspita. 2016. “Kisah-Kisah Dalam Al Qur’an Dalam Perspektif Pendidikan.” Jurnal Didaktika Islamika 8 (2): 86.

Katsir, Ibnu. 2004. Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim. Vol. 6. Bogor: Pustaka Imam Syafi’I.

Khuzaimah. 2017. “Paradigma Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Analisis Beerbagai Kritik Terhadap PAI).” Jurnal Kependidikan 5 (1): 87.

Mawardi, Amirah. 2017. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (1): 29–36. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.350.

Mubarok, Ade Ahmad, Siti Aminah, Sukamto Sukamto, Dadang Suherman, and Ujang Cepi Berlian. 2021. “Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Dirosah Islamiyah 3 (1): 103–25. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324.

Nata, Abuddin. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Nengsih, Desri, and Ridhoul Wahidi. 2020. “Makki Dan Madani Sebagai Cabang Ulum Al-Qur’an.” Jurnal Syahadah 8 (1): 33–54.

Qaraati, Mohsen. 2005. Tafsir Untuk Anak Muda; Surat Yasin. Jakarta: Al-Huda.

Suma, Muhammad Amin. 2014. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, Rameyanti, Yona Gulo, and Rosma Nababan. 2022. “Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Darma Agung 30 (2): 389. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748.

Tim Penulis. 2011. Al-Qur’an Kita; Studi Ilmu, Sejarah Dan Tafsir Kalamullah. Lirboyo: Lirboyo Press.

Wulansari, Betty Yulia. 2017. “Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (2): 96.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.26138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.