Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta

Oktavianti Nendra Utami, Abdul Hopid, Dimas Urip Santoso, Alan Alifudin Alghozi, Khoirunnisa Endah Setiawati

Abstract


Pengembangan kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013.  Pengembagan yang dilakukan oleh guru berupaya untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar, karena faktor utama peningkatan mutu pendidikan adalah kurikulum. Pengembangan kurikulum dikatakan berhasil ketika seorang guru mampu .Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  pandangan guru pai di smkn 2 yogyakarta dalam pengembangan kurikulum 2013(K13) dan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data meliputi dua jenis, yaitu data primer berupa data fakta di lapangan yang diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kajian sumber literatur berupa buku, jurnal, website, dan juga sumber literatur lainnya . subyek penelitian ini adalah seluruh Guru PAI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan pengembagan kurikulum oleh guru PAI melalui kegiatan keagamaan seperti;  sholat Dhuha dan shalat berjamaah, Kegiatan rutin membaca Al Qur'an atau kitab, dan keputrian.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Perkembangan, kurikulum, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Addahil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam : Tinjauan Epistimologi. Journal TA’LIMUNA, 8(2), 01. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.250

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Hasyim. Farid. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam ; FilosofiPengembangan kurikulum transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013 (p. 24).

Mara Samin Lubis. (2016). Telaah Kurikulum. In Perdana Publishing.

Maria Dimova, C., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016a). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Qalam, A., Keagamaan, J. I., Cimahi, S. M. K. W., Cimahi, S. M. K. W., Islam, P. A., Cimahi, S. M. K. W., Lokal, M., & Islam, P. A. (2023). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK WIRASWASTA CIMAHI Nurul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Shinta Sri Pillawaty Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Syaefan Abdan Syakuro Universitas Islam Neger. 17(2), 1099–1107.

Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3235

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik. 1, 1–14.

Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah. Pendidikan Agama Islam, 11(2), 143–152.

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Issue April).

Sukariyadi, T. . (2022). Manajem Kurikulum. Advanced Geography and Geographical Learning, 6(2), 113–116.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v9i2.24893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.