Legitimasi Al-Qur'an terhadap Kriteria Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Ani Cahyadi, Ahmad Riyadh Maulidi

Abstract


Problema yang terjadi adalah para guru mengeluh terkait dengan ketidakmampuan dalam menjalankan media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga dengan dalih tersebut banyak guru yang tidak menggunakan media dalam mengajar. Padahal media tidak selalu tertaut dengan teknologi, ada banyak alternatif lain yang dapat digunakan. Al-Qur’an sejatinya telah membatasi kriteria media pembelajaran yang baik digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait replika media yang digambarkan secara global dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kepustakaan yang mengutamakan analisis konsep Al-Qur’an dengan dibantu pendekatan tafsir Maudhui’i. Batasan ayat yang diambil adalah tentang kisah Nabi Sulaiman, Nabi Adam, dan Nabi Ibrahim. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kriteria media pembelajaran yang baik meliputi empat hal yaitu: (1) harus sesuai dengan tujuan, dimana guru harus berpedoman kepada tujuan pembelajaran. (2) Media pembelajaran harus dapat dipahami dan digunakan oleh guru. (3) Media pembelajaran sebaiknya berlaku umum dan dapat dipakai pada berbagai karakteristik materi. (4) Media pembelajaran harus menarik perhatian peserta didik dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari mereka. Implikasi dari penelitian sebagai tawaran konsep baru tentang media pembelajaran yang dilegitimasi oleh Al-Qur’an melalui kisah-kisah hikmah di dalamnyaTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Hawaiian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Hawaiian to EnglishPRO
Never translate Hawaiian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Kriteria Media; Al-Qur'an; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2004. Lubabut Tafsir Min Ibnil Katsir. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Agama, Kementerian. 2009. Tafsir Tematik Kementerian Agama. Jakarta: Lajnah Pentasih Al-Qur’an.

Aji, Wisnu Nugroho. 2018. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 8 (1): 136.

Alwi, Said. 2017. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan 8 (2): 150.

Anwas, Oos M. 2010. “Media Massa Pembelajaran Masyarakat.” Jurnal Teknodik 14 (1): 106. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.455.

Ge, Zi-Gang. 2019. “Does Mismatch between Learning Media Preference and Received Learning Media Bring a Negative Impact on Academic Performance? An Experiment with e-Learners.” Interactive Learning Environments 29 (5): 790–806. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1612449.

Hamid, Mustofa Abi, and Rahmi Rahmadani. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Hasan, Muhammad, and Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Tahta Media Grup.

Hasan, Zainol. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Kisah Nabi Ibrahim.” Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan 14 (2): 424–50. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/nuansa.v14i2.1642.

Idhar. 2020. “Pola Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Pesantren.” Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 1 (1): 3. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i01.219.

Khatibah. 2018. “Komunikasi Massa Dalam Alquran.” Jurnal Pengkajian Dakwah Dan Manajemen 5 (6): 56–75. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v5i6.4833.

Koiri, Ahmad Mustamsikin. 2015. “Aplikasi Kaidah-Kaidah Tafsir Dalam Perspektif M. Quraish Shihab.” UIN SATU Tulungagung.

Lestari, Selvy Windy. 2020. “Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 9 (3): 5.

May’, Asmal. 2015. “Melacak Peranan Tujuan Pendidikan Dalam Perspektif Islam.” Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam 11 (2): 216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.266.

Nurhayati, Novi, and Rustanto Rahardi. 2021. “Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19.” Pembelajaran Matematika Inovatif 4 (2): 331–42. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat 3 (1): 171. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52.

Pito, Abdul Haris. 2018. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Andragogi Jurnal Diklat Teknis VI (2): 97–117.

Priatmoko, Sigit. 2018. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0.” Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1 (2): 224. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948.

Rahimi. 2021. “Konsep Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Ilmuna 3 (2): 99.

Rasyid, Isran, and Rohani. 2018. “Manfaat Media Dalam Pembelajaran.” Axiom VII (1): 91–96.

Shihab, Muhammad Quraish. 2012. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Ulfah, Tri Azizah, Eva Ari Wahyuni, and Mohammad Edy Nurtamam. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya 3 (3): 950.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.21040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.