Aksiologi Wayang Kekayon Khalifah sebagai Pendidikan Islam Masyarakat Jawa

Kun Hidayat, Betty Mauli Rosa Bustam

Abstract


Akulturasi pendidikan Islam dan budaya Jawa berpotensi mengatasi pergeseran nilai masyarakat muslim Jawa. Akulturasi keduanya dalam kesenian Wayang Kekayon Khalifah merupakan salah satu alternatif pendidikan Islam bagi masyarakat Jawa, namun pendidikan Islam yang dihadirkan oleh kesenian Wayang Kekayon Khalifah apakah dapat menjadi solusi pergeseran nilai?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran aksiologi Wayang Kekayon Khalifah dalam mengatasi pergeseran tata nilai masyarakat Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian adalah pelaku budaya dan penikmat budaya, yang domain aksiologisnya dipelajari untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wayang Kekayon Khalifah dari segi lakonnya mempengaruhi tata kehidupan masyarakat Jawa yang menyaksikan pagelarannya. Aksiologi tokoh pewayangan Wayang Kekayon Khalifah menjadi konsep keilmuan Pendidikan Islam dalam adaptasinya untuk memecahkan persoalan umat. Pertunjukan Wayang Kekayon Khalifah secara normatif dapat menyesuaikan dengan target artistik tanpa melanggar syariat. Aksiologi Pagelarannya melahirkan diskusi keilmuan, mempersatukan ummat, dan menjadi media dakwah pendidikan Islam bagi masyarakat Jawa.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Aksiologi, Pendidikan Islam, Wayang Kekayon Khalifah.

Full Text:

PDF

References


Al-Hana, Rudy, dan M. Yusuf. “Nilai-nilai Sufistik Tokoh Wayang Semar dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol 7, No. 1 (2021). doi:10.24014/potensia.v5i1.6553.

Andreas Putra, Aris Try, Sufiani, dan Jahada. “Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari pada Masa Pandemic Covid 19.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No. 1 (2020). doi:10.37985/murhum.v1i1.8.

Anggoro, Bayu. “‘Wayang dan Seni Pertunjukan’ Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah.” JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), Vol 2, No. 2 (2018). doi:10.30829/j.v2i2.1679.

Aziz, Asep A, Ajat S Hidayatullah, Nurti Budiyanti, dan Uus Ruswandi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 18, No. 20 (2020). doi:10.47498/tadib.v12i02.365.

Azizah, Nur, Ina Erwina, dan Siti Sidra. “Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Masalah dalam Sistem Ekonomi Kapitalis.” AT TAWAZUN (Jurnal Ekonomi Islam), Vol 1, No. 1 (2021).

Benny, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar, Maulana Hutabarat, dan Arwin. “Motivasi Kerja Karyawan PT Abdi Wibawa Press Medan.” proseding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), Vol 252, 2021.

Caritagama, Lutfi. “Study with Wayang Kekayon Khalifah Lakon Ja’far Bin Abi Thalib Duta in SMAN1 Pajangan Bantul Jogja.” Youtube, 2021. https://www.youtube.com/watch?v=3x39gdkjPZE.

———. “Wayang Kekayon Khalifah (Jumenenging Kanjeng Nabi Ing Madinah).” 13 Oktober, 2022. https://youtu.be/vT5oSnsaBo0.

Charis, Irfan, dan Mohamad Nuryansah. “Pendidikan Islam dalam Masyarakat Madani Indonesia.” MUDARRISA: Journal of Islamic Education, Vol 7, No. 2 (2015). doi:10.18326/mdr.v7i2.755.

Dakwah, Follback. “Pagelaran Wayang Kekayon Khalifah Bersama Ki Lutfi Caritagama di Masjid Al Moeladi Bantul Jogja.” 29 November, 2019. https://www.youtube.com/watch?v=hsxJASnM1lY&t=11s.

Darise, Gina Nurvina. “Pendidikan Agama Islam dalam Konteks ‘Merdeka Belajar.’” Islamic Education : The Teacher of Civilization, Vol 2, No. 2 (2021).

Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Prenada Media, 2016.

Febriyanti, Amelia, dan Lutfiah Ayundasari. “Strategi Sunan Bonang melalui Media Seni dalam Penyebaran Dakwah Islam.” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), Vol 1, No. 6 (June 29, 2021). doi:10.17977/um063v1i6p688-694.

Hermawan, Restu. “Bentuk Wayang Kulit Purwa Gaya Kedu Kajian terhadap Tokoh Werkudara,” 2019.

Herminingrum, Sri. Kearifan Lokal Masyarakat Tradisional Gunung Kelud. MNC Publishing, 2021.

Hidayat, Kun. “Observasi Pada 18 September 2022”.

Ika, Oskar, dan Nugroho. “Rancang Bangun Pengenalan Jenis Wayang Kulit Berbasis Augmented Reality.” Jurnal Media Aplikom, Vol 10, No. 2 (2018).

Irawani Lubis, Dandan. “Analisis Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah dalam Memanfaatkan Tik pada Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, Vol 4, no. 2 (December 8, 2021). doi:10.54583/apic.vol4.no2.69.

Julia, dan Sri Aryati. “Kegiatan Pagelaran Seni di SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” Cross-Border, Vol 4, no. 1 (2021).

Kasanah, Siti Uswatun, Zainal Rosyadi, Imam Nurngaini, dan Khoirul Wafa. “Pergeseran Nilai-Nilai Etika , Moral dan Akhlak Masyarakat di Era Digital.” SINDA: Comperhensive Journal of Islamic Social Studies, Vol 2, No. 1 (2022).

Khalifah, Tatik. “Pendidikan Agama Islam berbasis Budaya Lokal (Studi Nilai-nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama).” Skripsi S1 UIN SUKA Yogyakarta, 2019.

Lutfianto. “Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa dengan Wayang Kekayon Khalifah.” Jurnal Unej, Vol 1, No. 1 (2020).

———. “Naskah Wayang Kekayon Khalifah Lakon Pandanarang Malik Grembyang Balungan Wayang Kekayon Khalifah Lakon Pandanarang Malik Grembyang.” Yogyakarta, 2022.

———. “Wayang Kekayon Khalifah Paraga Muadz Bin Jabal: Dekorasi dan Ornamentasi Pesan Intelektualitas Muadz Bin Jabal Dalam Kriya Kulit.” proseding Multi Peran Desain Komunikası Visual dalam Perkembangan Disiplin Ilmu dan Teknologi. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2021.

Lutfianto, dan Abdul Munip. “Descriptive Analysis on the Plays of Wayang Kekayon Khalifah : A Collaboration Among Calligraphy, Wayang Arts, Islamic Dialogue, and Java Culture.” In Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556:506–10, 2021. doi:10.2991/assehr.k.210525.137.

Maliki, Ahmad. “Wayang dan Filsafat Pendidikan Islam.” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya, Vol 1, No. 1 (2021).

Murjani. “Pergeseran Nilai - Nilai Religius dan Sosial Dikalangan Remaja Para Era Digitalisasi.” Educatioanl Journal: General and Specific Research, Vol 2, No. 1 (2022).

Musman, A. Filosofi Rumah Jawa. Anak Hebat Indonesia. Anak Hebat Indonesia, 2017.

Nuraisyah, Fitri, dan Hudaidah. “Wujud Akulturasi Hindu , Budha , dan Islam dalam Seni Pertunjukan Wayang.” Historia Madania, Vol 5, No. 1 (2021).

Nurhadiat, Dedi. Pendidikan Seni, Seni Rupa. Grasindo, 2004..

Pratama, I Made Rama Subari. “Pengenalan Wayang Kulit Menggunakan Teknologi Virtual Reality berbasis Mobile.” Sisfotek, Vol 5, No. 1 (2021).

Prayitno, D N U. Kerajinan Tangan & Kesenian SD 6. Grasindo, 2005..

Purnama, Wendi. “Hut Perumahan Griya Kunden Asitini ke 25, Pentas Seni dan Wayangan.” YouTube, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=IWEn2aDih5M.

Ramadan, Fariz, Husnul Awalia, Mellani Wulandari, R.Aditia Nofriyadi, Sukatin, dan Amriza. “Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 8, N0o. 1 (2022).

Resa, Muhammad, Arif Yudianto, dan Hanif Al Fatta. “Analisis Pengaruh Tingkat Akurasi Klasifikasi Citra Wayang Dengan Algoritma Convolutional Neural Network.” Jurnal Teknologi Informasi, Vol 4, No. 2 (2020).

Riw, Doni. “Katalog Pameran Tunggal Wayang Kekayon Khalifah.” Pelengkap Pameran Tunggal. Khat Gallery, 2019.

Rokhmah, Dewi. “Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, Vol 7, no. 2 (2021).

Sari, I N, L P Lestari, D W Kusuma, S Mafulah, D P N Brata, J D N Iffah, A Widiatsih, E S Utomo, dkk. Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS, 2022..

Schwartz, S. “Культурные Ценностные Ориентации: Природа И Следствия Национальных Различий.” Психология. Журнал Высшей Школы Экономики, Vol 5, No. 2 (2008).

Sholihah, Abdah Munfaridatus, dan Windy Zakiya Maulida. “Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol 12, No. 1 (March 14, 2020), doi:10.37680/qalamuna.v12i01.214.

Simatupang, Lono Lastoro, dan Soedarsono. Daya Seni: Bunga Rampai 25 Tahun Prodi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa UGM. Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, 2017.

Sudarsana, Cakra. 116 Kiat Mempertajam Kinerja Anak Buah. 1st ed. Jakarta: Laksana, 2016.

Sujayantara, I Nyoman Adi, Komang Indra Wirawan, dan I Ketut Muada. “Cerminan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Tokoh Yudhistira dalam Lakon Sungut Dadi Raja Oleh Dalang I Made Sija.” BATARIRUPA: Jurnal Pendidikan Seni, Vol 1, No. 2 (2021). doi:10.5281/zenodo.6244570.

SUKA, SKI UIN. “Jurusan SKI FADIB UIN Sunan Kalijaga Gelar Wayang Khalifah,” 2019. https://ski.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/1409/blog-post.html.

Susetya, W. Dhalang, Wayang dan Gamelan. Narasi, 2012.

Syamsul Huda, Devy Habibi Muhammad, Ari Susandi. “Konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam Pandangan KH. Abdurahman Wahid dan Nurcholish Madjid.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 4, No. 2 (2022).

Syarif, M Z H, dan H Dute. Menguniversalkan Pendidikan Pluralisme Agama dalam Ranah Keindonesiaan. LSAMA, 2021. h.

Wawancara dengan Heru Adi Ketua Takmir Masjid At Taqwa pada Tanggal 23 November 2022.

Wawancara dengan Ki Lutfi Caritagama pada Tanggal 6 Agustus 2022.

Windiani. “Menggunakan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial.” Dimensi Jurnal Sosiologi, Vol 9, No. 2 (2016).

Zulfahmi, Asnil Aidah Ritonga, Sri Rahayu Nasution, dan Mhd. Fuad Zaini. “Tafsir Tematik Manajemen Pendidikan Islam: Leadership dan Administrasi Pendidikan dalam Perfektif Al-Qur’an.” Jurnal Edumaspul, Vol 6, No. 1 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.20520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.