ANALISIS PARTISIPASI KELAS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

Rizki Amelia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa partisipasi mahasiswa di dalam kelas baik mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Ada 16 mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris yang menjadi peserta penelitian. Mereka terdiri dari 8 orang mahasiswa (laki-laki)dan 8 orang mahasiswi (perempuan) program studi bahasa inggris di fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau. Ke 16 mahasiswa ini dijadikan sample penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan observasi dan angket. Observasi dilakukan untuk melihat partisipasi mahasiswa di dalam kelas. Dan angket disebarkan untuk melihat bentuk partisipasi apa yang lebih banyak dilakukan oleh mahasiswa. Ada 5 indikator di dalam angket yang menunjukkan partisipasi mahasiswa; pertama, kehadiran di dalam kelas; kedua, bertanya di kelas; ketiga, menjawab pertanyaan di dalam kelas; keempat,berpartisipasi dalam kelas diskusi; dan kelima, aktiv mendegarkan di kelas. Untuk pengolahan data digunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mahasiswa perempuan berpartisipasi aktif dalam kehadiran dan mendengarkan di kelas. Sementara itu, mahasiswa laki-laki lebih banyak berpartisipasi dalam dikusi kelas, bertanya dan menjawab pertanyaan di kelas. Secara keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa laki-laki lebih banyak berpartisipasi aktif di kelas dibandingkan dengan mahasiwa perempuan.

Keywords


Gender (laki-laki dan perempuan), Partisipasi di Kelas

Full Text:

PDF

References


Astin, A. W. (1999). Student involvement: A developmental theory for higher education. Journal of College Student Development, 40, 518-529.

Brent, R., & Anderson, P. (1993). Developing children's classroom listening strategies. The Reading Teacher, 47(2), 122-126.

Crookes, K., Crookes, P.A., & Walsh, K. (2013). Meaningful and engaging teaching techniques for student nurses: A literature review. Nurse Education in Practice, 13(4), 239-243.

Eelandson, D.A., Harris, E. L., & Skipper, B. L. (1993). Doing Naturalistic inquiry: a guide to Methods. CA: Sage, Newbury Park.

Fassinger, P. (1995). Professors' and students' perceptions of why students participate in class. Teaching Sociology, 24, 25-33.

Gault, R. (1907). A history of the questionnaire method of research in psychology. Research in Psychology, 14 (3): 366–383. doi:10.1080/08919402.1907.10532551.

Hennings, D. G. (1992). Beyond the read aloud: Learning to read through listening to and reflecting on literature. Bloomington, IN Phi Delta Kappa.

Jacobs, L. B. (1990). Reading, writing, and reminiscing: Listening to literature. Teaching K-8, ., 29, 34-37.

Marshall, Anne & Batten, Suzanne. (2004). Researching across cultures: issues of ethics and power, forum qualitative Sozialforschung. Forum: Qualitative Social Research (Online Journal, 5 (3), Art.39.

Meyers, C. &. (1993). Promoting active learning: Strategies for the college classroom. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Tatar, S. (2005). Why keep silent? The classroom participation experiences of non-native-English-speaking students. Language and Intercultural, 5, 284-293.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v16i1.4130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender

Indexing:

Editorial Office Board :

Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Gedung Islamic Center Lantai 1
Jl. H.R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International


View My Stats