Focus and Scope

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini sudah terbit sejak tahun 2002 dengan nomor ISSN 1412-6095. Terbit sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. marwah merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat dan pemerhati kajian gender, anak dan Islam. Dengan tujuan mengangkat harkat dan martabat perempuan dan terpublikasinya bahan bacaan/rujukan tentang kajian perempuan. Dengan demikian marwah bisa menjadi media untuk memahami permasalahan perempuan sekaligus menjadi bahan bacaan/rujukan tentang kajian perempuan.

Marwah kurang lebih bermakna harkat. Nama ini mewakili hasrat Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Suska Riau untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan melalui pengabdian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Diskursus tentang keadilan dan kesetaraan gender selalu aktual untuk dikaji, karena masih terdapat pemahaman dan anggapan yang keliru di kalangan masyarakat dalam memahami konsep-konsep kesetaraan dan keadilan gender tersebut, apalagi ketika dikaitkan dengan perspektif agama. Paham maskulin masih sangat mendominasi dan berimplikasi pada keberadaan perempuan yang sampai saat ini masih diposisikan pada sublevel dan terpinggirkan.

Berkaitan dengan hal di atas, jurnal Marwah hadir sebagai salah satu bentuk perhatian penuh Pusat Studi Gender dan Anak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Suska Riau terhadap issu perempuan, gender, anak dan agama.