PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA SUB MATERI REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Khairunnisa Khairunnisa, Lazulva Lazulva, Ira Mahartika

Abstract


This research was instigated with the limitations of tools and materials in the process of practical work activities and the use of limited chemistry learning media. This research aimed at finding out the validity, practicality, and student response tests whose validity was tested by media experts, material experts, language experts, teachers, and students. The research method use was Research and Development (R&D) with Design and Development Research (DDR) model. The preliminary field test was conducted to the eleventh-grade students of class 3 at Senior High School of muhammadiyah 1 Pekanbaru. The product in the form of Flashcard media with Augmented Reality in Thermochemistry practical work was developed in this research. The validation score by media experts, material experts, and language experts wa 82,9% with very valid criterion. Teacher practicality test result was 90% with very practical criterion, and student response test result was 81,7% with very good category. Based on the results obtained from the validity test, practicality test and response test, it can be concluded that augmented reality-assisted flashcard media on exothermic and endothermic reaction sub-material as a learning resource is very feasible and practical to use in the learning process of exothermic and endothermic reactions.

Keywords: Augmented Reality, Flashcard, Exothermic and Endothermic Reactions

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan alat dan bahan dalam proses kegiatan praktikum serta penggunaan media pembelajaran kimia yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan uji respon peserta didik terhadap media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm sebagai sumber belajar yang diuji kevalidannya oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Desain and Development Research (DDR). Uji lapangan awal dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru terhadap peserta didik kelas XI.3. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm dengan nilai validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh sebesar 82,9% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 81,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm sebagai sumber belajar sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran reaksi eksoterm dan endoterm.

 

Keywords: Augmented Reality, Flashcard, Reaksi Eksoterm dan Endoterm


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v9i2.37802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan



Indexing

Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan (P-ISSN: 2549-1679; E-ISSN 2807-8241) was indexed in :

 

             

 

 

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

 

email : konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id