Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi
Ghina Alfitria
Abstract
Pemilihan model pembelajaran sangat penting sebelum melakukan proses pembelajaran karena akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran project based learning (PjBL) . Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan proses belajar siswa melalui kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif siswa, namun dalam penerapannya masih kurang maksimal dikarenakan masih fokus pada penyelesaian materi, sehingga pembelajaran masih cenderung pasif dan kurang bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penerapan PjBL dengan pendekatan STREAM menjadikan pembelajaran menjadi lebih inovatif dan dapat membangun pemahaman siswa serta menggali kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran PjBL berbasis STREAM dikelas eksperimen dengan yang tidak menggunakan pendekatan STREAM pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan dua kelas sampel yaitu kelas XI Teknik 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kedokteran 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes pretest posttest , lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai uji T signifikansi 2-tailed sebesar 0,010. Oleh karena itu, penggunaan model PjBL berbasis STREAM memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya materi laju reaksi.
Keywords
Project Based Learning, STREAM, Hasil Belajar Siswa, Laju Reaksi