Interaksi pada Content Marketing TikTok @vieraoleholeh Pekanbaru

Herza Rozanah, Rusyda Fauzana

Abstract


Membuat content marketing dan menyebarkannya di media sosial adalah cara mudah yang dilakukan saat ini untuk ajang promosi. Hal ini juga dilakukan oleh Viera Oleh-Oleh Pekanbaru dalam mempromosikan produk mereka melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi yang berlangsung antara followers dan pemilik usaha pada content marketing video pendek Viera oleh-oleh Pekanbaru di TikTok. Dengan demikian akan terlihat budaya interaksi yang terbangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis Netnografi melalui 6 tahapan, yakni Inisiasi, Investigasi, Interaksi, Imersi, Integrasi dan Inkarnasi (komunikasi). Hasil dari penelitian ini adalah @vieraoleholeh melakukan promosi dengan membuat content marketing berupa storytelling tentang produk dan pengalaman usaha. Hal ini memberi kesan positif, apresiasi, dan kepercayaan pada @vieraoleholeh serta terbangun kedekatan antara followers dan pelaku usaha.

Keywords


Interaksi; content marketing; video pendek; TikTok

Full Text:

PDF

References


Anggriyani, D. S. (2022). Content Marketing. UMKMINDONESIA..ID.

Chairina, A. D., & Lubis, E. E. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP, 7(1).

Datamaya. (n.d.). 10 Tips Membuat Content Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online. Datamaya Consulting.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research (N. K. Denzin & Y. S. Lincoln, Eds.; Fifth). Sage Publications. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.

Dwi, E. (2020). Ingin Buat Video Pendek? Yuk, Cari Inspirasi dari 3 Video Pendek Ini! URBANASIA.

Fitriyani, F., Pada, A. T., & Yahya, A. F. (2022). Grit, Visi dan Tanggung Jawab Sosial Perempuan Pemilik Bisnis: Analisis Netnografi Konten Storytelling Pemasaran Mimilicious-Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 389–403. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1426

Heinonen, K., & Medberg, G. (2018). Netnography as a tool for understanding customers: implications for service research and practice. In Journal of Services Marketing (Vol. 32, Issue 6, pp. 657–679). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/JSM-08-2017-0294

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2), 1–14.

Jones, M. (2014). The Definitive Guide to Engaging Content Marketing. Marketo.

Kozinets, R. V. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research. SAGE.

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135–144.

Nurhayati, N., & Islam, M. A. (2022). PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DEDADO BATIK DI SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 112–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46488

Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia

Rizky, T. (2022). Cerita Bunda Viera, Perintis Usaha Rumah Kue Viera, Modal Awal Hanya Rp 14.500 . Tribun Pekanbaru Travel.Com.

Serra, A. (2019). STUDI NETNOGRAFI PADA AKSI BEAT PLASTIC POLLUTION OLEH UNITED NATIONS ENVIRONMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. JURNAL ASPIKOM, 3(6), 1109–1123.

The New York Times. (2022). Storytelling in Content Marketing The Ultimate Toolkit. NytLicensing.

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.25544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id