Crowdsorcing pada Grup Facebook Komunitas Pecinta Kereta Api Indonesia untuk Penyebaran Informasi
Abstract
Teknologi membantu manusia memperoleh informasi. Hal ini bersamaan dengan kebutuhan informasi kredibel. Seperti yang dialami oleh konsumen KAI yang mendapatkan perbedaan informasi dari laman resmi PT.KAI dengan realita di lapangan membuat mereka harus bergerak mencari informasi. Salah satunya dengan bergabung komunitas virtual. Kemampuan mereka dalam komunitas dapat dimanfaatkan. Hal ini dikenal dengan crowdsorcing. Penelitian ini mencari tahu proses crowdsourcing pada Facebook Grup Komunitas Pecinta Kereta Api Indonesia untuk penyebaran informasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni penyebaran informasi terjadi melalui crowdsourcing yang terdapat kehadiran sosial. Hal ini menunjukkan adanya komunikasi dua arah dan terjadi kolaborasi informasi dalam komunitas. Penyebaran informasi ditunjang oleh ajakan terbuka, keuntungan yang diperoleh, akses kontrol informasi, dan sistem kontrol oleh admin KPKAI. Serta ditemukan pula pola komunikasi kelompok dengan bentuk bintang, yang artinya semua anggota bisa menjadi informan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhimah, Syifaul. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Karangbong Rt. 06 Rw. 02 Gedangan-Sidoarjo).” Jurnal Pendidikan Anak 9(1):57–62. doi: 10.21831/jpa.v9i1.31618.
Akoumianakis, Demosthenes. 2009. Virtual Community Practices and Social Interactive Media: Technology Lifecycles and Workflow Analysis. United Kingdom: Information Science Reference.
Amin, Risma Fahrul. 2020. “COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 14(2):341–60. doi: 10.35316/lisanalhal.v14i2.796.
Anon. n.d. “Ramai Soal Protes Duduk Berjarak Tapi Berdiri Berdempetan Di KRL, Begini Kata KAI Commuter Halaman 2 - Kompas.Com.” Retrieved March 18, 2023 (https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/29/110500065/ramai-soal-protes-duduk-berjarak-tapi-berdiri-berdempetan-di-krl-begini?page=2).
Brabham, Daren C. 2013. Crowdsourcing. Cambridge, Massachusetts ; London, England: The MIT Press.
Kurniali, Sartika. 2013. STEP BY STEP FACEBOOK. Elex Media Komputindo.
Mendrofa, Aperian Jaya, and Muhammad Syafii. n.d. “POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI KOMUNITAS MARGA PARNA DI KOTA BATAM ( Studi Kasus Komunitas Marga Parna Di Batu Aji Kota Batam ).”
Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Prenada Media.
Pakpahan, Andrew Fernando, Adhi Prasetio, Edi Surya Negara, Kasta Gurning, Risanti Febrine Ropita Situmorang, Tasnim Tasnim, Parlin Dony Sipayung, Ayudia Popy Sesilia, Puspita Puji Rahayu, Bonaraja Purba, Muhammad Chaerul, Ika Yuniwati, Valentine Siagian, and Gilny Aileen Joan Rantung. 2021. Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.
Putraji, Zulfi I. 2022. “Aktivisme Twitter: Crowdsourcing Melalui Tagar #100jutamaskerchallenge.” Jurnal Komunikasi Profesional 6(4):303–19. doi: 10.25139/jkp.v6i4.4521.
Rafiq, A. 2020. “Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat.” GLOBAL KOMUNIKA Vol. 1 No. 1 2020.
Ranj Bar, Amin, and Muthucumaru Maheswaran. 2014. Confidentiality and Integrity in Crowdsourcing Systems. Cham: Springer International Publishing.
Saidah, Musfiah. 2020. “Crowdsourcing Public Participation Process for Solve Hoaks.” JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK 24(1). doi: 10.33299/jpkop.24.1.2169.
Saifulloh, Muhammad, and Andi Ernanda. 2018. “MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA REMAJA PENGGUNA AKUN ALTER EGO DI TWITTER.” WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 17(2):235. doi: 10.32509/wacana.v17i2.652.
Setiawan, Albi Anggito, Johan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Silalahi, Rut Rismanta, Puri Bestari, and Windhi Tia Saputra. n.d. “KARAKTERISTIK STRATEGI CROWDSOURCING UNTUK MEMBATASI PENYEBARAN HOAKS DI INDONESIA Studi Kasus: Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.”
Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. 2015. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Sosiawan, Edwi Arief, and Rudi Wibowo. 2019. “Model Dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram Dan Pembentukan Budaya Visual.” Jurnal Ilmu Komunikasi 16(2):147. doi: 10.31315/jik.v16i2.2698.
Tashia. 2016. “Pengendalian Konten Negatif Internet Dalam Usaha Mencerdaskan Bangsa.” Ditjen Aptika. Retrieved March 18, 2023 (https://aptika.kominfo.go.id/2016/11/pengendalian-konten-negatif-internet-dalam-usaha-mencerdaskan-bangsa/).
Yuliani, Wiwin. 2018. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” 2(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.21712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id