Positive Word of Mouth (WOM) Sebagai Komunikasi Pemasaran Universitas Abdurrab Pekanbaru Saat Pandemi Covid-19

Suci Shinta Lestari, Muhammad Arif

Abstract


Banyak perusahaan, institusi, organisasi bahkan personal mengandalkan positive WoM sebagai alat komunikasi pemasaran, tidak terkecuali PTS seperti Universitas Abdurrab Pekanbaru. Mendorong peningkatan jumlah mahasiswa baru melalui rekomendasi mahasiswa kepada calon mahasiswa baru atau Word of Mouth (WoM) merupakan alat pemasaran positif yang dapat mendatangkan manfaat bagi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya Word of Mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (literacy research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka atau objek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah dan dokumen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya word  of mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemi Covid-19 yakni buzz marketing, cause marketing, viral marketing dan influencer marketing.


Keywords


Perkataan positif dari mulut ke mulut; komunikasi pemasaran; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Fadillah, D. (2015). Model Komunikasi “WOM” Sebagai Strategi Pemasaran Efektif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 15(1), 66-74.

Putri, Y. R. (2018). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Word of Mouth Marketing Pada Produk Simpanan (Si Bagus) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus. Tugas Akhir, UIN Walisongo Semarang.

Riorini, S. V., & Widayati, C. C. (2018). Bagaimana Meningkatkan Positive Word Of Mouth Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. In Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 27-33).

Sernovitz, A. (2006). Word of mouth marketing: How Smart Companies Get People Talking. Chicago: Kaplan Publishing

Setyawan, S. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta. Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 22(1), 9-18.

Sopandi, E. (2011). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Pts (Tinjauan Atas Kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010). Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 10(1), 87-101.

Suryani, T., Mulyati, A., & Maduwinarti, A. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Laptop LENOVO di Kalangan Mahasiswa Surabaya di Kota Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i1.10538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id