Strategi TVRI Riau-Kepri Dalam Membangun Budaya Daerah Melalui Program Siaran Budaya Melayu

Dewi Anggraini, Hayatullah Kurniadi

Abstract


Salah satu misi yang ingin diusung oleh TVRI Riau-Kepri sebagai lembaga penyiaran publik (LPP) adalah membangun budaya daerah. Membangun budaya daerah oleh TVRI Riau-Kepri dengan menampilkan program siaran  yang mengandung unsur-unsur budaya melayu. Budaya melayu dapat dilihat melalui unsur-unsur yang meliputi pandangan hidup, kesenian, sastra, kuliner, busana, bangunan dan hukum adat melayu. Menampilkan unsur-unsur budaya melayu tersebut di televisi melalui sebuah program siaran, tentu dengan strategi acara yang sudah dipersiapkan oleh TVRI Riau-Kepri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi TVRI Riau-Kepri dalam membangun budaya daerah melalui program siaran budaya melayu. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi TVRI Riau-Kepri dalam membangun budaya daerah melalui program siaran budaya melayu yaitu dengan membuat beragam program talkshow (baik membahas secara detail maupun memperagakan) yang menghadirkan budayawan-budayawan sebagai narasumber yang memberikan informasi yang barkaitan dengan pandangan hidup, kesenian, busana, sastra dan yang berkaitan dengan hukum adat melayu. Menjaga kesenian melayu juga dengan melibatkan musisi-musisi dari daerah-daerah, serta bentuk yang lain adalah dengan pembuatan dokumenter yang berisikan tayangan kuliner dan busana melayu dari Provinsi Riau.


Keywords


Strategi; TVRI Riau-Kepri; program siaran; budaya melayu

Full Text:

PDF

References


Briando, B., & Embi, M. A. (2019). Pandangan Hidup dan Alam Pikiran Orang Melayu. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 1(2), 69-78. https://doi.org/10.34199/oh.1.2.2019.003

Desfitri, N. (2017). Proses Produksi Program Akademi Da’i Cilik di LPP TVRI Stasiun Riau-Kepri. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Djamal, H & Fachruddin, A. (2013). Dasar-Dasar Penyiaran: Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ersyad, F. A., & Murfianti, F. (2012). Strategi Program TVRI Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Kualitas Melalui Konten Budaya Pada Tepo Tulodho. Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 39–57.

Fauzy, A. (2014). Pembangunan Sistem Rekomendasi Pencarian Menu Masakan di Restaurant. Skripsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/5655/

Hamidy, U. U., & Ahmad, M. (1993). Beberapa Aspek Sosial Budaya Daerah Riau. Pekanbaru: UIR Press.

Ihsani, D. (2017). Peranan LPP TVRI Riau-Kepri Dalam Memperkenalkan Budaya Riau. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Morrisan. (2009). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putra, T. R., & Nasution, B. (2016). Manajemen Program Acara Rona Melayu Di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Riau-Kepri Dalam Melestarikan Kebudayaan Melayu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(1), 1–15.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Takari, M. (2013). Kesenian Melayu: Kesinambungan, Perubahan, dan Strategi Budaya. Makalah Dalam Seminar Budaya Melayu. Batam.

Wardhani, H. C. K. (2014). Strategi Pemrograman Lembaga Penyiaran Publik TVRI. Jurnal Unair. http://journal. unair. ac. id/filerPDF/comme56d9 5f0c0full. pdf.

Winardi. (2003). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaini, M. (2017). Mengenal Rumah Melayu Riau. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i1.10536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id