Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga

Florensia Betyka, Aan Putra, Selvia Erita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII pada materi Segitiga. Penelitian ini mengadopsi tujuh dari sepuluh langkah pengembangan berdasarkan model Borg and Gall, yaitu penelitian dan pengembangan data (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi hasil uji coba (main product revision), uji coba lapangan kecil (main field testing) dan penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision). Langkah pengembangan ini melibatkan peserta didik kelas VII MTsN 1 Model Kota Sungai Penuh. Validitas produk dinilai berdasarkan hasil validasi oleh pakar sedangkan praktikalitas produk dilihat dari hasil analisis angket respon guru dan angket respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang sudah memenuhi kriteria valid dan praktis dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan indeks kevalidan 0.730 dan nilai praktikalitas 3.155 atau 78.88%.

This study aims to produce students’ activities sheets based on the guided discovery that was valid and practical to increase the students’ learning activeness. This study adopted seven of the ten steps of Borg and Gall development model, they were research and information collecting, planning, develop a preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, and operational product revision. These development steps involved the VII grade students in MTsN 1 Kota Sungai Penuh. The validity of the product was assessed based on the results of validation by experts while the practicality of the product was seen from the analysis of the teacher response questionnaire and the students’ responses questionnaire. This research produced learning device products that meet valid and practical criteria with a validity index of 0.730 and a practicality value of 3.155 or 78,88%.


Full Text:

PDF

References


Andari, T. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning Berbasis Needs pada Materi Ruang-n Euclides. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 1-10. http://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.488

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Asrori, M. & Ali, M.. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Nurintasari, A. (2015). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) MTK Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Memfasilitasi Keaktifan Siswa Kelas VII pada Pokok Bahasan Persegi Empat. Tesis. Yogyakarta: UIN Kalijaga.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62. doi:10.32939/ejrpm.v1i2.302

Rahman, A dan Karnasih, I. (2014). Integrasi Software Dinamis Autograph Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 143-160.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah Solusi, 1(3), 68-75.

Refita, Rena. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15-26.

Riduwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah, N. K. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Salmi, Artita. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. In Prosiding SMASTAT 2016.

Sulistyawati. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Inquiry Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Luas dan Volume Benda Putar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 5(1), 56-65. http://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.856.

Uno, HB. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47-55. doi:10.32939/ejrpm.v1i2.232

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Statistika Terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter