Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP

Fakhriatul Masnia, Zubaidah Amir

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta empiris yang menyatakan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang belajar mengikuti pembelajaran langsung, jika ditinjau berdasarkan Self Efficacy siswa, dan ada tidaknya pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dengan Self Efficacy siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan guru bahwa kemampuan pemahaman konsep dan Self Efficacy siswa tidak berbeda pada kedua kelas.

Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan angket. Instumen tes yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian, sedangkan instrument angket yaitu

angket Self Efficacy. Teknik analisis data yaitu uji t dan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Jika ditinjau dari Self Efficacy siswa, tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap kemampuan konsep matematis.


Full Text:

PDF

References


Alkher, M. S., Edristi, S., & Lovia, L. (2018). “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII”.Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumateri Barat.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E.,& Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K. E.,&Yudhanegara, R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, S. I. & Andriani, L. (2019). “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al- Hidayah Singingi Hilir Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa”. Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 5. No. 1.

Mawaddah, S. & Mariyanti, R. (2016). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)”, Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1.

Mukhid, A. (2009).“Self Efficacy: Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan”, Jurnal Tadris Vol. 4, No.1.

Murizal, A., dkk. (2012) “Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching”Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 1, No. 1.

Nicke, S., Irwan, & Meira. (2014)“Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang”.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 3.

Puspitasari, M. D. M., (2017). “Strategi Pemecahan Masalah Siswa Pada Pretest Konsep Materi Kalor”, Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 5, No. 1.

Rachmawati, I. (2019). “Penggunaan Teknik Scaffolding pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Pada Siswa SMP”. Jurnal Equation. Vol. 2. No. 2.

Rahmawati, F. (2016). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 30 Bandar Lampung”. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan STKIP-PGRI Bandar Lampung. Vol. 1.

Rismawati & Handayani, H. (2018). “Pengaruh Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Silogisme. Vol. 3 No. 3.

Risnawati & Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sari, N. & Surya, E. (2017). “Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Mengingkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al- Washliyah Medan”. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7. No. 1.

Sidik, G. S. (2016). “Analisis Proses Berpikir dalam Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pemberian Scaffolding”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2. No. 2.

Sudarman, S. W. & Linuhung, N. (2017). “Pengaruh Pembelajaran Scafolding terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa”. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol. 6. N0. 1.

Yuliani, N. L. G. & Widana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Gaya Berpikir Siswa SMP Negeri 2 Mengwi. Jurnal Emasains. Vol. 7. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter