Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019

Syafrio Roni Wirdayat, Muhammad Imamuddin, Muhiddinur Kamal

Abstract


Tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation (GI)lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 87 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol.Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes uji coba.Selanjutnya hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation (GI) lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1999.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Guruan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bate’e, Anugerah. 2015.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogaw.Jurnal bina gogik vol. 2. Medan: Universitas Negeri Medan.

Depertemen Agama RI. 2008. Alguran dan Terjemahan. Bandung: CV Dipenegoro.

Fadlillah. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Ali, Dkk. 2014.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kusmanto,Hadi dan Iis Maryana.2014.Pengaruh Pemahaman Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Matematika Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. EduMa Vol.3.Cirebon:IAIN Cirebon.

Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI.

Maryani, Dkk. 2017.Perbandingan Hasil Belajar Matematia Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Student Team Achievement Division.Jurnal penelitian pembelajaran matematika sekolah vol.1. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP.

Nasution. 2015. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi aksara.

Prayudi. 2015. Penerapan Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas. Lumajang: SMA N 3 Lumajang.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PTRaja GrafindoPersada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

. 2011Kurikulum dan pembelajaran teori dan praktek pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman.2004. .InteraksidanMotivasiBelajar Mengajar. Jakarta:PTRaja GrafindoPersada.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005.Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sudjana, Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Syamsuddin, Dkk. 2007Metode Penelitian Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoha, Chabib, M. 1996teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triyanto. 2009. Pengenalan Minitab. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Walpole, E,Ronald. 1995.Pengantar Statistik.Jakarta: PT Gramedia.

Wijaya, Aji, Febditya, Dkk. 2018.Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 SD.Jurnal Widyagogik vol. 5. Temanggung: Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter