Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Smp N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019

Devi Ariyanti, Isnaniah Isnaniah, Jasmienti Jasmienti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII  SMP N 1 Rao. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang berupa tes essay. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematika siswa diperoleh  dan karena  maka  ditolak dan terima  Sedangkan dengan menggunakan software minitab diperoleh  dan , karena . Jadi dapat disimpulkan bahwa “Kemampuan berpikir kritis matematika dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis  lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019”.


Full Text:

PDF

References


Haryani, Desti. 2014. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika, prosiding Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika FMYPA UNY Yogyakarta. 10 november 2012. universitas palangkaraya. ISBN 978-979-16353-8-7.

Huda, Miftahul. Model-model pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka pelajar

Karim.2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model JUCAMA Di Sekolah Menengah Pertama. Banjarmasin: EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3.Nomor 1.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Medis Group

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Malang: Ar-ruzz media.

Suherman, Erman. 2003. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Zetriuslita, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Infinity, Vol. 5, No.1, February 2016, hal. 56-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter