Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions And Getting Answer (GQGA) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang

Vivi Saswita, Isnaniah Isnaniah, Rindang Kembar Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang mengikuti pembelajaran aktif tipe GQGA ini lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII kecuali kelas VIII.1 karena merupakan kelas unggul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa diperoleh  rata-rata kelas eksperimen 77,43 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol  61,43 serta dari uji inferensial yang dilakukan dengan hasil analisis data  adalah  dan , karena  maka  ditolak dan  diterima. Sedangkan dengan menggunakan Software Minitab diperoleh = 0.000 dan = 0.05, karena = < 0,05. Berdasarkan rata-rata  dan uji t yang telah dilaukuan Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika yang mengikuti pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2018/2019 .


Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi;Konsep,Karakteristik dan Implementasi.(Bandung: PT Remaja Rosda Karya).

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep,Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras.

Silberman ,Melvin L..2012. Active Learning 101 CBSA. Bandung: Nuansa.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Edisi Revisi Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UPI.

Suprijono, Agus.2010. Cooperatif Learning Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusraka Pelajar

Triyanto. 2000. Pengenalan Minitab. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter