Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah

Uzli Fatil Jannah, Depi Fitraini, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Munawwarah Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 109 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Fatimah sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. Aisyah sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa dengan pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darto dan Fitriyani. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Syndicate Group terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pembelajaran Matematika, ISSN: 2477 - 4758. Vol. 1, No. 1.

Darto dan Mas’ud Zein. (2017). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

. (2015). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanfa Publishing.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Husna, Imra Atul Rahmi dan Rina Febriana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX MTsN Lembah Gumanti. Jurnal Wisuda ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Vol.1, No. 1.

Isjoni. (2014). Cooperatif Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani dan Muhammad Ridwan. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

La Masi dan Kadir. (2014). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,. Vol. 5, No.1.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4, No.1.

Putri,Sari Desiana dkk. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 16 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, , Vol.3, No. 3.

Risnawati. (2013) Keterampilan Belajar Matematika. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo.

Riyanto, Nandyar Fisthi, Mardiyana dan Sri Subanti. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Three Steps Interview (TSI) Pada Materi Fungsi Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, ISSN: 2339-1685. Vol.4,No.5.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. (2013). Kumpulan Makalah : Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Jakarta : Universitas Indonesia.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001). Strategi Pembelajaran Matematik Kontemporer (Bandung : JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Media Group.

Tristani, Lia Budi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhamadiyah Metro, ISSN: 2442-5419. Vol.6, No.3.

Wena, Made. (2011), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemparer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.7258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter