Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Model Learning Cycle 7E pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Uji coba dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Sungai Pua. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua tahun pelajaran 2018/2019.
Full Text:
PDFReferences
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Rianto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana
Sadia, I Wayan. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Pedoman Mata Pelajaran Matematika. Jakarta
Adilah, Dina Nur, dkk. 2015. Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu, (Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, ISSN: 2302-7827, Vol. 6 No. 1), diakses 12 April 2018
Laelasari, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dalam Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. (Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, Vol.1, No.2), diakses 28 Maret 2018
Mawaddah, Siti, dkk. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 4 No. 1, diakses 21 April 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.7087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: