Pengaruh Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D SMP Negeri 40 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar. Teknis analisis data yng digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan angket untuk mengukur tingkat kemandirian belajar sisiwa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung serta jika ditinjau dari kemandirian belajar (2) tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) terdapat kontribusi antara kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Amir, Zubaidah M.Pd dan Risnawati M.Pd. 2015. Psikologi Pembeljaran Matematika, Yogjakarta: Aswaja Pressindo
Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Larning. Bandung: Nusa Media
Efendi, Dzulkifli dan Siti Andriani W. 2013.Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Perkalian Bilangan Bulat,Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI: Sidoarjo Vol. 1, No. 2, ISSN: 2337-8166
Hartono. Metodologi Penelitian. Pekanbaru:Zanafa Publising
Hendrayana, Angga Sucitra, dkk.2014. Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 15, Nomor 2, 81-87
Hidayah ,Y.E. 2011.Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kratif Siswa SMP Melalui Optimalisasi Pembelajaran Kontekstual pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga Sekolah Menengah Pertama kelas VIIA Semester II. Universitas Muhammadiyah
Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yokyakarta: UII Press
Irawan, Deddy. 2015Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Keamandirian Melalui Pembelajaran Model 4K ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Semarang: Skripsi Universitas Semarang (Judul tidak diterbitkan)
Ismiyanto. 2002. Implementasi Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Menggambar: Upaya Peningkatan Kreativitas Sekolah Siswa Sekolah Dasar. Semarang: Jurnal Pendidikan UNNES
Muhandaz, Ramon.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang (Jurnal tidak diterbitkan)
Mulyasa.2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung : Rosda
Porwanto,Ari.2014.Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 15 Pekanbaru.Skripsi UIN FTK UIN Suska Riau: Pekanbaru (Judul tidak diterbitkan)
Rahman, Akmil Fuadi, Maslianti. 2015. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1
Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska Press
Safiti , Rusni. 2014 .Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kreative Croblem Solving Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Belajar Matematika di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Pekanbaru.
Shoimin, Aris. 2014.Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogjakarta:Ar-Ruzz Media
Sholihat, Hasna.2016. Pengaruh Penggunaan Odel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Skripsi: Universitas Pasundan : Bandung (Skripsi tidak diterbitkan)
Siswono. T. Y.E., Abdul Haris Rosyidi.2005.Menilai Kreativitas Siswa dalam Matematika: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Peranan Matematika dan terapannya dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia” Surabaya:UNNES
Sudijono, Anas.2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
¬_______¬_. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta
Sumarmo, Prof. Dr. Utari. 2013.Berpikir dan Disposi Matematik Serta Pembelajarannya Bandung:FPMIPA – UPI.
Sumarmo, Utari. __. Jurnal Pendidikan tersedia di http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan-Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf
Sumartono, Erik Yustari. 2014.Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 3
Suryosubroto, Drs. B.. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka
Syukur , Abdul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Saling Ketergantungan dalam Ekosistem. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Windi dan Ekasatya.2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving. Jurnal EduMa Vol. 5 No. 2 Bandung:STKIP Garut
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.4776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: