Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa

Amalia Firmansyah, H. Hasanuddin, Zulkifli Nelson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 TSPK dan VII-3 MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL dengan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, tetapi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Ansari B. L. (2016). Komunikasi Matematik: Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Pena

Cai J., Jakabscin M. S., & Lane, S. (1996). Assesing Students’ Mathematical Communication. School Science and Mathematics. 96 (5). 238 - 246.

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Dewi, P., Asnawati, R., & Widyastuti. (2017). Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(3) retrieved from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12418

Gardenia, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Konsstruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif, 6(2), 110-118.

Hanapi, G. R., Hulukati, E., & Gani, U. (2013), Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kabila. Jurnal KIM FMIPA. 1(1). Diakses dari: http://kim.ung.ac.id/ index.php/KIMFMIPA/ issue/view/79

Harun, L. (2012). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan CTL Ditinjau Dari Pengetahuan awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 197-206.

Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, Medan: CV

Majid, A. I. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal MIP MIPA UNHALU. 8(1), diakses: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah+06+Jurnal+ UNHALU+2008+_Komunikasi+dlm+Pembelajaran+Matematika_.pdf

Nurhadi. Yasin, B. & Senduk, A.G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang, Indonesia: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematik. Pekanbaru: Suska Press

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sefalianti, B. (2014). Pengaruh Pendektan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 11-20

Supriyanto, A. (2014). Penguatan Kemampuan KomunikasiMatematis sebagai Landasan Menumbuhkan Motivasi Belajar siswa. prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Volume I, Bandung: STKIP

Siliwangi Sumarmo, U. (2013). Berfikir dan Diposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi 10). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya

TIMSS. (2011). International Result in Mathematics. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/ download/TII-IR-Matematics-FullBokk. Diakses pada tanggal 06 juni 2017 pukul 08.30.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zein, M & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru, Indonesia: Daulat Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter