Modul Berbasis Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD Nurul Ulum pada Materi Perkalian dan Pembagian
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial dalam pembelajaran matematika, namun masih rendah terutama pada siswa sekolah dasar. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tersedianya bahan atau media pembelajaran yang kontekstual dan belum terintegrasi pada literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas modul berbasis numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian dan pengembangan dilakukan mengikuti tahapan model ADDIE, yang mencakup lima tahapan; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas III A SD Nurul Ulum Surabaya. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kevalidan dan kepraktisan modul. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan persentase kevalidan dan kepraktisan, serta uji statistik t-test one sample untuk efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis numerasi tergolong sangat valid, sangat praktis dan efektif dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan modul berbasis numerasi sebagai alternatif bahan ajar inovatif dalam mendukung pembelajaran matematika kontekstual dan pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Agusta, E. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Konsep Matematis dengan Modul Berbasis Numerasi. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 1–15.
Anggara, W., & Aulya, C. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pesertas Didik SDN 109 Inpres Lekoala melalui Program Kampus Mengajar. Damhil: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 94–102.
Anggriani, R., Hakim, A. R., & Hairunisa. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Inpres Muku. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 101–110. https://doi.org//10.53299/jppi.v4i1.438
Anisa, Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105.
Aprilia, D., Darmawan, M., & Wardana, K. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi di Kelas II Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.404
Gunartha, I. W. (2024). Pengembangan Penilaian Berorientasi HOTS: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era Global Abad 21. Widyadari, 25(1), 133–147. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3660
Hasibuan, A. R. H., Maulana, A., Samosir, D. S., & Syahrial. (2024). Perkembangan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan Dasar, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.753
Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Dasar, 7(1), 10–19. https://doi.org//doi.org/10.52266/
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nelwati, S., & Rahman, H. K. (2022). Analisis Teori Kognitif Jean Piaget terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter, 4(1).
Oktaviani, D. A., & Kusuma, R. F. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Bermuatan Literasi Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 280–286.
Prihapsari, V. Y., Hadi, F. R., & Pradana, L. N. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. KID: Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 768–775.
Rizqiyati, I., Wardani, A., & Rizqi, Z. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 634–638.
Salsabila, A. R., Ramadhani, C., & Faizin, M. (2025). Berpikir Induktif sebagai Dasar Kompetensi Sikap Kritis bagi Peserta Didik Generasi Milenial Abad 21. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 264–276.
Sesanti, N. R., & Wahyuningtyas, D. T. (2022). Inovasi E-Modul Berbasis Literasi Sains dan Numerasi. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 02(02), 1–12.
Sihombing, J. M., Syahrial, & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Dasar, Jurnal Didaktika Pendidikan, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Keterampilan 4C Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921–929.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono, M. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). In Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.
Suroto. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–9.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16.
Wardani, D. A. P., Pujiastutik, E. F., & Sholekha, N. (2024). Efektivitas Model PembelajaranProject Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Berpikir Kriti
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.37261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: