Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Fase F SMAN
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kota Pekanbaru. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-5 di SMA Negeri 4 Pekanbaru sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 3 soal berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Pekanbaru pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel masih sangat rendah, dengan nilai rata-rata hanya 33,75. Sebanyak 75% siswa termasuk kategori sangat rendah, dan hanya 10% siswa memperoleh kategori sedang. Sebagian besar siswa mampu memahami masalah, akan tetapi kesulitan dalam menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Temuan menunjukkan bawah diperlukan latihan soal rutin dan non-rutin, strategi pembelajaran yang lebih mendalam, serta guru dapat memberikan perhatian terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Full Text:
PDFReferences
Abidatul Imaroh, Ulumul Umah, T. M. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–855. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Matematika. Aswaja Pressindo.
Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084
Azkiah, F., Sumartini, T. S., Siti, H., Apriyanti, N., Yani, I., & Putri, K. (2025). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dalam Problem Based Learning Terintegrasi Prinsip Understanding by Design. 8(1), 21–30. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.35701
Baskorowati, H. (2021). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik Jawa Timur. MATHEdunesa, 9(3), 529–539.
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p529-539
Eka Lestari, K., & Ridwan Yudhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Ghifarina, A., Putri Azzahra, H., Dwi Mailani, S., & Putri rachmatica, T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi SPLTV. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084
Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT. refika Aditama.
Iksanudin, Saputro, M., & Firdaus, M. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di SMAN 1 Bunut Hulu. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(1), 377–387.
La’ia, H. T., Sarumaha, A., & Tafonao, A. (2022). Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development, 10(1), 588–595.
Lilisantika, & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV. Didactical Mathematics, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5480
Mardika, F., & Maulidya, S. R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 403–411. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.403-411
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika NCTM. In Paradigma Pembelajaran. CV IRDH.
Ningsih, E., Anggraini, R. D., & Kartini, K. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2250–2260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2647
Nissa, I. C. (2015). Teori dan Praktik Kemampuan Pemecahan Masalah. Duta Pustaka Ilmu.
Novianti, & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 377–388. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.718
Riyanto, O. R., Widyastuti, Yustitia, V., Oktaviyanthi, R., Sari, N. H. M., Izzati, N., Sukmaangara, B., Indartiningsih, D., Wibowo, A., Maharbid, D. A., & . S. W. (2024). Kemampuan Matematis (Issue July). CV. Zenius Publisher.
Santi, Fitriani, N., & Setiawan, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra. 7(3), 527–534. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.23778
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.37260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by:







