Membangun Percaya Diri Siswa dalam Matematika: Tinjauan Sistematis Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Self-Efficacy

Sardin Sardin, Yaya Sukjaya Kusumah, Bambang Aviv Priatna Martadiputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis model pembelajaran yang berkontribusi terhadap peningkatan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 33 artikel dari jurnal pendidikan matematika terakreditasi SINTA 2 dan 3 di Indonesia selama periode 2015–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Problem Based Learning (PBL), CORE, Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran berbantuan Geogebra, RME, dan Reciprocal Teaching terbukti efektif dalam meningkatkan self-efficacy matematis siswa. Model PBL menjadi yang paling dominan karena berorientasi pada pemecahan masalah yang melibatkan partisipasi aktif siswa, menumbuhkan rasa percaya diri, dan memperkuat keyakinan akan kemampuan diri. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam membentuk efikasi diri siswa dan merekomendasikan PBL sebagai alternatif utama dalam pengembangan pembelajaran matematika yang humanis dan bermakna.


Full Text:

PDF

References


Amani, F., Pratiwi, D. D., & Anggoro, B. S. (2023). Penerapan Model Diskursus Multy Representasi : Dampaknya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self Eficacy. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 19–32. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i1.2155

Anwar, A., & Santosa, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Self-Efficacy Matematika Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–57. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1560

Asmara, F. A. B., Susilawati, S., & Sari, N. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Self Efficacy Matematis melalui Model Learning Cycle 7E. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 160. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3628

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606

Brown, S. P., Jones, E., & Leigh, T. W. (2005). The attenuating effect of role overload on relationships linking self-efficacy and goal level to work performance. Journal of Applied Psychology, 90(5), 972–979. https://doi.org/10.1037/0021-9010.90.5.972

Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375

Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331

Erwanto, E., Maryatmi, A. S., & Budiyanto, A. (2018). The Effects of Reciprocal Teaching Learning Strategy and Self efficacy on Learning Outcomes of Early Childhood (AUD) Mathematical Logic. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 41. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2567

Fast, N. J., Burris, E. R., & Bartel, C. A. (2014). Managing to stay in the dark: Managerial self-efficacy, ego defensiveness, and the aversion to employee voice. Academy of Management Journal, 57(4), 1013–1034. https://doi.org/10.5465/amj.2012.0393

Fatmasari, H. R., Waluya, S. B., & Sugianto, S. (2022). Mathematical problem solving ability viewed from self-efficacy of 7 th grade students. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(2), 206–211.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Frink, A. (2015). Reviewing the Literature: Why For Whom? How? Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper., 1–102.

Herdiana, L., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (Dmr) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 9. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4784

Husna, U., Zubainur, C. M., & Ansari, B. I. (2018). Students’ creative thinking ability in learning mathematics through learning model of Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristic. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012067

In’am, A., & Sutrisno, E. S. (2020). Strengthening Students’ Self-efficacy and Motivation in Learning Mathematics through the Cooperative Learning Model. International Journal of Instruction, 14(1), 395–410. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14123A

Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self- Efficacy Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.473

Istiqomah, P., Kamid, K., & Hasibuan, M. H. E. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4334

Jainuri, M., & FKIP, E. (2017). Eksperimentasi Model Sinektik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02), 51–60. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4106

Kusnaeni, K., & Retnawati, H. (2013). Problem Posing dalam Setting Kooperatif Tipe TAI Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33–43. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8492

Laksanawati, E. K., & Rofiroh, R. (2020). Perbandingan Metode Problem Based Learning Dengan Metode Konvensional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Teknik. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 81–87. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp81-87

Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 220–230. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.15769

Moher D, Liberati A, Tetzlaff J, A. D. P. G. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Med, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097

Muslimin., Indaryanti., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Model Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kecakapan. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–13.

Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388

Pratiwi, E. A., Zulhaji, Z., & Hajar, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 207. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30263

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345

Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA N 5. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–34.

Rogelberg, S. G. (2017). The SAGE Encyclopedia of Industrial and Organizational Psychology, 2nd edition. The SAGE Encyclopedia of Industrial and Organizational Psychology, 2nd Edition, May. https://doi.org/10.4135/9781483386874

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2021). Self-efficacy and Human Motivation. Advances in Motivation Science, 8(November), 153–179. https://doi.org/10.1016/bs.adms.2020.10.001

Septiyani, S., Jumroh, J., & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Komunikasi Dan Self Efficacy Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 84–93. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2239

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548

Widodo, A. nur A., Ardani, A., & Aristiyo, D. N. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dan Prestasi Microteaching Berbantu Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Mengajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1088. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3643

Wiharso, T. A., & Susilawati, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Efficacy Mahasiswa melalui Model CORE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 429–438. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.573

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667

Zander, L., Brouwer, J., Jansen, E., Crayen, C., & Hannover, B. (2018). Academic self-efficacy, growth mindsets, and university students’ integration in academic and social support networks. Learning and Individual Differences, 62(April 2017), 98–107. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.01.012




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.35431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter