Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem-Based Learning (PBL) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan Siswa Kelas VII SMPN 6 Siak Hulu
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A. E. (2014). Logika Matematika dalam Alqur’an Surat Ibrahim yang Terintegrasi Nilai-Nilai Kehidupan. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amin, R. M., Yusof, S. A., & Haneef, M. A. (2007). The Effectiveness of an Integrated Curriculum : The Case of the International Islamic University Malaysia. International Conference on Islamic Economics and Finance, 1–20.
Aminah, N., Sri, S., & Rasyid, M. R. (2022). Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Tinambung di Kabupaten Polewali Mandar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 110–124.
Irwanti, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem-based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 (Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan Sub Pokok Fungsi Pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran. Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi FE Unibba, 9(2), 90–96.
Nurcahyani, D. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Conceptual Understanding Procedures (Cups) (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurhamdiah, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 193–201. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.170
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151
Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 345–356. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Tarbiyah STAIN Pekalongan, 12(2), 223–243. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susiana, E. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi IDEAL Problem Solving Berbantuan Puzzquare Materi Luas Daerah Segiempat Kelas VII. Kreano - Jurnal Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 2(2), 105–119. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i2.2620
Syafitri, I., Murni, A., Syarifah, & Siregar, N. (2023). Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 063–072. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.17403
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivik Konsep: Landasan teoritis-praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424
Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual di Propinsi Riau. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104–118. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: