E-Modul Berbasis Open-Ended Terintegrasi Keislaman (Studi Pengembangan untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa)

Ria Indriani, Depi Fitraini, Hennita Hennita

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dan menghasilkan e-modul yang valid, praktis dan efektif menggunakan Flip PDF Professional berbasis open-ended yang terintegrasi dengan keislaman. E-modul ini dirancang untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Huda Pekanbaru, Riau. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan para ahli. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket, soal pretest, dan soal posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan tergolong sangat valid dengan tingkat kevalidan 0,89, sangat praktis dengan nilai 84,40% untuk kelompok kecil dan 83,26% untuk kelompok besar. Keefektifan e-modul dievaluasi melalui nilai pretest dan posttest siswa, di mana diperoleh nilai n-gain sebesar 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul menggunakan Flip PDF Professional berbasis open-ended yang terintegrasi dengan keislaman ini telah terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan guna memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Aftiani, R. Y., Khairinal, & Suratno. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Aprianka, S., Setiani, A., & Imswatama, A. (2021). Validitas E –Modul Berbasis Open Ended Meteri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring untuk Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.896

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Brahmana, K. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Problem terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.341

Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Membelajarkan Matematika Sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. JURNAL EDUSCIENCE (JES), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Isrok’atun, I., & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Khoriyani, R. P., Yusmin, E., & Suratman, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Open-Ended pada Operasi Dasar Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31600

Laili, I. (2020). Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran lnstalasi Motor Listrik di SMK. http://repository.unp.ac.id/26868/

Lestari, K.E., & Yudhanegara, R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Sari, R. (2023). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.469

Nurhamdiah, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.170

Pradana, O. R. Y. (2023). Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Matematika, 1(01), Article 01.

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Razak, A., Amri, Z., & Halomoan, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Model ADDIE berbasis FLIP PDF Profesional Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Jambi Medan. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13697

S, A. E., & Mulyono, D. (2023). E-Modul Interaktif Aljabar Linier Menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/judika.v6i2.5595

Septiani, H. A., Nawir, M., & Nurindah. (2023). Pengaruh Penggunaan e-Modul Berbasis Flip PDF Professional Terhadap MInat Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jurnal Riset Guru Indonesia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.194

Suhartini, E., & Haerani, R. P. R. (2023). Pelatihan Penyusunan E-Modul Berbasis Flif PDF Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Kunjang. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24903/jpkpm.v3i1.1331

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Wastika, P., & Purwaningsih, D. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flif PDF Professional pada Materi Logika Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter