Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Yone Kartika, Rusdi Rusdi, Ulva Rahmi, Tasnim Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together  (NHT) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket dengan instrumen yaitu lembar angket motivasi belajar matematika. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase motivasi belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 74% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63% dengan kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Number Head Together (NHT).

 


Full Text:

PDF

References


Ade Ilham SY & Alimir. (2022). Motivasi Mahasiswa IAIN Bukittinggi Yang Abdul Rahmat. (2014). Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Alimir, A. I. S. dan. (2002). Motivasi Mahasiswa IAIN Bukittinggi Yang Berlatar Belakang SMA Dalam Memilih Prodi PAI. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 755-763. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.237.

Aris shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.

Asnaeni Rauf dkk. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar

Pendidikan, 5(1), 46-54. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3281

Dyahsih Alin Sholihah. (2015). “Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185 10.21831/jrpm.v2i2.7332.

Erman Suherman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Heris Hendriana dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101–2112. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.283

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050

Nurdyansyah, dkk. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rora Rizki Wandini & Oda Kinata Banurea. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Siti Fatimah & Syamsudin. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah”. Awwaliyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 42-60. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.684.

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya. (2011). Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.28521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter