Kualitas Instrumen Evaluasi Akhir Semester Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pada Mata Kuliah Fungsi Kompleks
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi akhir semester mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada mata kuliah Fungsi Kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskripstif Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 pada Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada semester ganjil 2022-2023 yang berjumlah 65 orang. Objek penelitian adalah intumen evaluasi Akhir semester dalam bentuk 4 soal essay pada mata kuliah Fungsi Kompleks yang akan dilihat kualitas soalnya yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa instrumen evaluasi akhir semester mahasiswa yang terdiri dari 4 soal essay dinyatakan valid dengan memperoleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel. Kemudian berdasarkan hasil analisis untuk melihat reliabilitas dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi sudah reliabel dengan memperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel. Selanjutnya analisis tingkat kesukaran soal yaitu memperoleh kesimpulan bahwa 1 soal memiliki tingkat kesukaran sedang, yaitu soal nomor 3 dan 3 soal lainnya yaitu soal nomor 1, 2 dan 4 memiliki tingkat kesukaran mudah. Terakhir analisis daya pembeda soal yang memperoleh kesimpulan dari 4 soal hanya 1 soal yang memiliki daya pembeda soal yang baik yaitu soal nomor 4
Kata kunci: Kualitas Soal, Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209–224. https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7839
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080
Fuadia, L. A., Musbaiti, M., & Pramesti, S. L. D. (2023). Analisis Instrumen Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 315–327.
Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Idrus L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Kaloka, P. T., & Sridadi. (2015). Evaluasi Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.21831/jpji.v11i2.8186
Khaerudin. (2015). Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar. Madaniyah, 5(2), 212–235.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama. Diambil dari https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/search?isbn=9786027948879
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis Instrumen Evaluasi Formatif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Salembaran III. BINTANG, 2(1), 68–82.
Mardapi, D. (2015). Pengukuran penilain dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis Instrumen Tes Akhir Kemampuan Komunikasi Matematika untuk Siswa SMP pada Materi Fungsi dan Relasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8–19. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.44
Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.26
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Thobroni, M., & Mustafa, A. (2013). Belajar & pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thoha, M. C. (1996). Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia), 8(1), 57–68.
Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.25630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: