Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER): Sebuah Studi Eksperimen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis (KKM) antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dengan desain quasy exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik tes menggunakan instrumen soal tes KKM serta teknik observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data posttest dengan menggunakan uji-t diperoleh . Akibatnya dengan Oleh karena itu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model MURDER dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105–116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
Dina, A., Mawarsari, V. D., & Suprapto, R. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.26714/jkpm.2.1.2015
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hibattulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–178.
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Buku Ajar Program Linier. Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.31629/JG.V6I1.2556
Olfa, E. M. (2020). Pengaruh Model Belajar Murder Terhadap Penguasaan Peserta Didik di MTs PP Tunas Harapan Tembilahan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(1), 151–168. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.81
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238. Lampung: Universitas Lampung.
Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42
Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability. Journal of Education and Practice, 6(32), 27–31.
Yuzalia, Y., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 113–122. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12148
Zakiri, I. K., Pujiastuti, E., & Asih, T. S. N. (2018). The Mathematical Communication Ability based on Gender Difference on Students of 11th Grade by Using Problem-based Learning Model Assisted by Probing Prompting Technique. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 78–84. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.20645
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.23392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: