Validitas dan Praktikalitas E-Bahan Ajar Berbantuan GeoGebra pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Sabrina Nainggolan, Syarifah Nur Siregar, Elfis Suanto

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menghasilkan e-bahan ajar berbantuan GeoGebra untuk memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis (KPM) yang memenuhi syarat valid dan praktis materi Relasi dan Fungsi kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Desseminate). Instrumen pengumpul data pada penelitian terdiri atas lembar validasi dan angket respon peserta didik. E-bahan ajar divalidasi oleh tiga validator dan dilakukan small group (evaluasi kelompok kecil) serta uji coba kelompok besar di SMP Negeri 40 Pekanbaru untuk mengetahui kepraktisan e-bahan ajar. Sesuai hasil analisis data lembar validasi dan angket respon peserta didik didapat persentase 93,75% dengan kategori sangat valid, persentase pada small group 85,82% dan pada uji coba kelompok besar 88,42%. Hasil analisis data menunjukkan bahwasanya e-bahan ajar telah memenuhi syarat valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VIII SMP/MTs


Full Text:

PDF

References


Agustianingsih, A., Lusiana, L., & Kesumawati, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Kubus Berdasarkan Pendekatan Open Ended Berbantuan Geogebra. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1787–1796. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4014

Alimin, A., & Effendi, H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di Sekolah Menegah Kejuruan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 133–138.

Anggraenia, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prisma, 4.

Farihah, N., Imanah, U. N., & Hidayati, E. W. (2018). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i2.294

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Maritsa, A., Unik, H. S., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Tekonologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059

Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.395

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Okta Marika, D., Haji, S., & Herawaty, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9777

Rafianti, I., Setiani, Y., & Yandari, I. A. V. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 119–128. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3759

Safitri, D. (2022). Pengembangan Pocket Book Teorema Pythagoras Sebagai Bahan Ajar Pendukung Berbasis Masalah Terintegrasi Islam Untuk SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Profesional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(2), 133–141.

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jpeka: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.21106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter