Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Umi Samiah, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi, Suci Yuniati

Abstract


Mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid dan praktis merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan Model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek dari penelitian ini adalah validator yang berasal dari dosen dan guru serta siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Objek pada penelitian ini ialah LKS berbasis pendekatan RME pada materi SPLDV. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket.  Berdasarkan hasil analisis uji validitas diperoleh  LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan yaitu 93,55%. Kemudian berdasarkan hasil uji kepraktisan kelompok kecil diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) sangat praktis dengan tingkat kepraktisan yaitu 92,425%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Kata kunci: lembar kerja siswa (LKS),  realistic mathematic education (RME), sistem persamaan linier dua varibel


Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103-110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Uniga, 13(1), 121-129. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.822.

Harahap, M. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Penggunaan Bahan Ajar RME (Realistic Mathematic Education). Jurnal Education and Development, 3(2), 56–56. https://doi.org/10.37081/ed.v3i2.227

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013.

Musa, L. A. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 78-91. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.445.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Cet.VII). Yogyakarta:Diva Press.

Rahman, A. A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. Jurnal Maju, 4(1), 26-37.

Saputri, F., Jazim, J., & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-35. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.378.

Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p440-448

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 290-304.https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.495.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Pendekatan RME Berbasis Aplikasi Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.142

Supriadi, S., Anwar, Z., Hidayani, H., & Rusani, I. (2021). Analisis Sumber Belajar Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Koulutus, 4(1), 96-106.. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.565.

Wildad, F., Waluya, B., & Masrukan, M. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Soal Open–Ended Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 87–98. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2163.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.18837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter