Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Linktree pada Materi Trigonometri untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA

Eti Tantri Manurung, Sakur Sakur, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Linktree yang memenuhi syarat valid dan praktis pada Materi Trigonometri untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menganalisis kevalidan dan menganalisis kepraktisan. Media pembelajaran pada penelitian ini telah divalidasi oleh tiga orang validator dan dilakukan ujicoba kelompok kecil kepada enam orang siswa SMA Negeri 5 Tualang untuk melihat kepraktisan Media yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh penilaian terhadap media pembelajaran dengan kriteria sangat valid sebesar 3,65 dan sangat praktis dengan penilaian sebesar 3,54.

 




Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara, 344.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. UPI: Bandung.

Fuada, S. (2019). Pengujian validitas alat peraga pembangkit sinyal (oscillator) untuk pembelajaran workshop instrumentasi industri. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 854–861.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., &

Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), Article 2.

Manurung, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Information Communication And Technology Menggunakan Linktr. Ee Pada Materi Statistik Siswa Kelas X.

Meryansumayeka, M., & Mulyono, B. (2016). Pengembangan materi pelajaran berbasis TIK untuk mata kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 13–22.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. GP press group.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2018). Penerapan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Model Matematika Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 356–362.

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72.

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Sa’dun Akbar, M. P. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Sari, V. T. A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Reciproc, Kooperatif Tipe NHT, Dan Langsung Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120.

Sudijono, A. (2021). Pengantar statistik pendidikan.

Widaningsih, N., & Yenni, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang Mendapat Model Pembelajaran Course Review Horay dan Numbered Head Together. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1).

Yuni, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Surabaya: Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS, 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.18435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter