Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis (KPM) siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis yang digunakan oleh siswa sebagai sarana penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbantuan FlipHtml5 yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi KPM siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi koordinat kartesius. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh tahapan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Intrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis praktikalitas. Bahan ajar divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran validator, serta diujicobakan kepada 6 orang siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru untuk melihat kepraktisan bahan ajar. Hasil validasi bahan ajar 87,91% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk 90,16%, dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas VIII SMP/MTs.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematik Siswa melalui Pembelajaran Kontekstual yang Terintegrasi dengan Soft Skill. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.33387/dpi.v1i2.88
Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1270
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Akmal, N., & Saputra, E. (2020). Persepsi Literasi Matematika Mahasiswa Terhadap Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 381–392.
Anggia, V., Roza, Y., & Siregar, S. N. (2020). APengembangan Bahan Ajar Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP/MTs Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 47–58.
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 854–861. Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Kartikasari, P., & Ratu, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Elmobar (Elektronik Modul Aljabar) untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.221
Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 30–44. https://doi.org/10.22342/jpm.6.2.4086.30-44
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Marthalena, R., Kartini, K., & Maimunah, M. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1427–1438. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.374
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24
Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47–63.
Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirini Muntilan (Skripsi). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 441–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.332
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika berbantuan Wingeom berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176–186. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Sari, E. P., Roza, Y., & Solfitri, T. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Kelas V SD Berbasis Permainan Tradisional Rakyat Daerah Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–15.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Invotec, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter melalui Permainan Edukatif Matcindo sebagai Learning Exercise bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59–70. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.839
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: