Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kebiasaan Belajar

Essy Puspita Rahim, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kebiasaan belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan berupa studi kasus.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 21 Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi instrumen, lembar angket kebiasaan belajar, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data menyimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 21 Pekanbaru berbeda-beda. Secara keseluruhan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori kurang sekali dengan persentase 45,8%. Siswa dengan kebiasaan belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis pada kategori baik. Siswa dengan tingkat kebiasaan belajar sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis pada kategori cukup. Siswa dengan tingkat kebiasaan belajar rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis pada kategori kurang sekali.


Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. Diambil dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (t.t.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta.

Lase, S. (2018). Hubungan Antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Warta Edisi, 56, 1–829.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhibbin, S. (2018). Psikologi belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persaga.

Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College and IEA.

Pangesti, Y. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa elas V SD Negeri Sekbin II Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes (PhD Thesis). Universitas Negeri Semarang.

Rahmah. (2013). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS Di MA. Syarif Hidayatullah Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 4(1), 88–101.

Rais, H., Basroh, M. A., & Ferinaldi. (2021). Hubungan antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Mat-Edukasia, 6(1), 27–34.

Sastro, G. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa dan Kecerdasan Emosi Serta Perhatian Orang Tua Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1(1), 133–157.

Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2017). Assesment Pembelajaran Matematika. Malang: Yayasan Edelweis.

Setyorini, I. A., Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Pokok Statistika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Matematika pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 1(4), 1–14.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudjana, N. (2019). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SBAlgesindo.

Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Walle, J. A. V. de. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Modul Matematika SMP Program Bermutu, Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.16359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter