Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP/MTs

Sandra Kartika, Rena Revita, Ade Irma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Dar El Hikmah Pekanbaru, beberapa orang validator untuk  ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yaitu berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Discovery Learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket dan lembar soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli berbasis materi pembelajaran, LKS berbasis Discovery Learning dinyatakan sangat valid dengan presentase kevalidan 84%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 7 orang dinyatakan sangat praktis dengan presentase kepraktisan 87,9%. Kemudian, untuk uji keefektifan LKS tidak dapat dilaksanakan karena kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Sedangkan hasil analisis kualitatif diperoleh bahwa LKS berbasis Discovery Learning  dapat menarik minat siswa karena desain, warna, dan gambar yang menarik, dan langkah-langkah Discovery Learning tersusun secara sistematis sehingga mudah dipahami siswa untuk menemukan kembali konsep dasar segiempat.

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Indonesia, R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemendikbud: Jakarta.

Kurniasih, D. (2019). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Bilangan untuk Siswa Kelas VII MTsS Al-Makmur Tungkar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, 1(2), Article 2.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitan Pendidikan Matematika, Bandung. Refika Aditama.

Mulyasa. (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Noviafitri, S., Somakim, S., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Sudut Kelas VII [PhD Thesis]. Sriwijaya University.

Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. (2018). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.14969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter