Pengembangan LKS Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning

Vinny Mularahmawati, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi, Arnida Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Rengat pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa kelas VII SMP Negeri di Rengat sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan sangat valid dengan tingkat kevalidan 88,45%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90,18%. Dengan demikian hasil peneltian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi aritmatika sosial di kelas.


Full Text:

PDF

References


Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360

Denia, A., Mandailina, V., & Musthafa, S. A. (2018). Pengembangan LKS Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving pada Materi Aritmatika. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214–219. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.361

Hadinurdina, & Kurniati, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standard for School Mathematics. NCTM: Reston.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2033

Rohaeti, E. E. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika: Benuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). . 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarlina, C., Buyung, B., & Defitriani, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.66

Syaekhoni, Moh. R., Putra, E. D., & Sulisawati, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(2). https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i2.1286

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter