Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman

Arialis Senita, Kartini Kartini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan siswa pada materi dimensi tiga. Dari tes yang diberikan kepada siswa ditemukan beberapa kekeliruan yang dilakukan oleh siswa, untuk itu perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan atau kekeliruan tersebut supaya diperoleh solusi untuk meminimalisir kekeliruan yang akan terjadi selanjutnya. Tahapan analisis kesalahan yang sesuai dan dapat dilakukan untuk soal dimensi tiga merupakan tahapan analisis kekeliruan menurut teori Newman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunung Toar pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes (dokumentasi). Analisis data yang peneliti gunakan yaitu pengolahan data, penganalisisan data dan penafsiran serta uji instrumen yang terdiri dari uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda dan uji reabilitas menggunakan Anates. Dari pengolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah pada indikator kekeliruan comprehension error dan kemampuan proses (process skill error)


Full Text:

PDF

References


Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Dinnullah, R. N. I., Noni, E., & Sumadji, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.175-184

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Bab Tree dan Spanning Tree Berdasarkan Prosedur Newman. JMPM, 6(1), 1–14.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(April), 37–51.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Rahayu, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan. Jurnal e-DuMath, 2(1), 1–9.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Rr Chusnul, C., Mardiyana, & Dewi Retno, S. (2017). Errors analysis of problem solving using the Newman stage after applying cooperative learning of TTW type. AIP Conference Proceedings, 1913(December 2017). https://doi.org/10.1063/1.5016662

Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Penddikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. 1, 1–10.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Pengawu, 11(2), 129–144. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3760/2754. 11(2), 129–144.

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(2), 184–207.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter