Pengembangan Perangkat Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP/MTs

Intan Rahma Syafitri, Susda Heleni, Titi Solfitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya perangkat pembelajaran matematika sebagai sarana penunjang pembelajaran pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning (PBL). Yaitu,  silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP/MTs. Produk dikembangkan melalui 3 tahapan model pengembangan 4-D. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran dari validator. LKPD yang telah valid kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Rata-rata.  Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelejaran berbasis PBL valid dan praktis. Perlu penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat efektifitas perangkat pembelajaran untuk materi bentuk aljabar.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Armis, & Suhermi. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning untuk siswa kelas VII semester 1 SMP/MTs materi bilangan dan himpunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 25–42. https://doi.org/10.24256/akh.v5i1.367

Azizah, N. I., & Granita. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa SMP/MTS. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 1–12. http://repository.uin-suska.ac.id/27327/

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan odel problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Hariyanto, M. (2007). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran program pendidikan. Jurnal Didaktika, 2(1), 216–226.

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77.

Radeswandri. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) pada materi bilangan bulat. Suara Guru: Jurnal Pendidikan, Sosial, Sains Dan Humaniora, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2409

Rahmi, Angraini, V., & Melisa. (2014). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis problem based learning pada perkuliahan persamaan diferensial biasa. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains IX, 5(1), 864–869.

Sari, S. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Serambi Ilmu: Journal of Scientific Information and Education Creativity, 21(2), 211–228.

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Suhadi. (2007). Petunjuk perangkat pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana Prenada Media Group.

Yusri, A. Y., Matematika, P., Andi, S., & Pangkep, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mosharafa, 7(1), 51–62.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.13310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter