Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa SMP

Irma Fitri, Rahayu Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran TPS dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 85,82% dan soal penilaian hasil belajar juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89,58%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran TPS dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 91,17%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi SPLDV di kelas


Full Text:

PDF

References


Ayudya, M. S., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Dalam Pelajaran Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 272–281.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.

Fitraini, D., & Fitri, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 88–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.35

Hartono, H. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa.

Hasri, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 79–86.

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. 5(2), 11.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46.

lestari, karunia. (2017). Penelitian pendidikan matematika.

M.D.A, W., & Angel. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Modul Baris Kolom untuk Persamaan Garis di SMP. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan. Journal of Economic Education, 6.

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117.

Rismayanti, E., Kartasasmita, B. G., & Supianti, I. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 154–167.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 56–70.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.12903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter