Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) Berkonteks Alat Musik Tradisional Melayu Riau pada Materi Lingkaran

Nur Hajizah, Elfis Suanto, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013,  khususnya penggunaan dan penerapan model serta pendekatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, RPP, dan LAS model Problem Based Learning berkonteks alat musik tradisional Melayu Riau pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Perangkat pembelajaran ini layak digunakan untuk materi lingkaran. Namun, masih perlu diujikan tingkat kepraktisan dan keefektivannya

Full Text:

PDF

References


A Pribadi, B. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi. Prenada Media Group.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Toto Bara Setiawan. (2019). Etnomatematika Pada permainan tradisional engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. Kadikma, 10(1), 85–94.

Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dan menengah.

Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110.

Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.

Noah, S. M., & Ahmad, J. (2005). Pembinaan modul: bagaimana membina modul latihan dan modul akademik. Penerbit Universiti Putra Malaysia.

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117.

Permana, W. H. (2019). Etnomatematika : aplikasi bangun datar dan peluang pada permainan tradisional kebudayaan Korea Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 01(02), 138–150.

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics : exploration in Javanese culture. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series.

Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Prestasi Pustaka.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter