Pengaruh Penerapan Model Elaborasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Matakognisi Siswa SMA

Della Anggraini, Rena Revita, Ramon Muhandaz

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model elaborasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan metakognisi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan non test. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket metakognisi, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah  (two way anova).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Elaborasi dengan siswa yang mengikuti pembelajan dengan model konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Metakognisi tinggi, sedang dan rendah, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model Elaborasi dan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Matematis, Model Elaborasi, Metakognisi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2010). Penerapan Pembelajaran Model Elaborasi untuk Meningkakan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB MTs PPI Al Muslimun Kecamatan Bandar Sekijang Kabupaten Pelalawan. Skripsi. FTK Pendidikan Matematika UIN Suska Riau.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo. U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa Bandung: Refika Aditama.

Heriyati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2 (1).

Hwang, W. Y., Nian, S. C., Jian, J. D., & Yi, L. Y. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Jurnal Educational Technology & Society.

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 4.

Kenedi. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Elaborasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3 (3).

Kusuma, D., Kartono, & Zaenuri. (2019). Creative Thinking Ability based on Students’ Metacognition in Creative Problem Solving Learning Model With Recitation and Self Assessment in Ethnomatematic, Unnes Journal of Mathematics Education Research

Noviarni. (2014). PerencanaanPembelajaran Matematika dan Aplikasinya (Menuju Guru yang Kreatif danInovatif. Pekanbaru: Benteng Media.

Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Romli, M. (2010). Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2).

Trianto. (2007). Model - Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Komtemporer. Jakarta: Umi Aksara.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari. (2018). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA Negeri Binjai. Skripsi FKIP Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter