Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika
Kurotul Aini, Heni Pujiastuti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriprif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negri 1 Ciomas, dengan sampel kelas VIIF dengan jumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini beruapa skor angket keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan nilai ulangan harian siswa kelas VIIF semester genap SMP Negri 1 Ciomas tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan didapatkan thitung = 3,249 dan ttabel = 1,016 dengan taraf signifikansi 5%, jadi 3,249 > 1,016 dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian tersebut terbukti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dengan prestasi belajar siswa.