Reliability Centered Maintenance pada Komponen Kritis Mesin Press

Wresni Anggraini, Muhamad Fachri, Melfa Yola, Harpito Harpito

Abstract


            Studi kasus penelitian ini pada perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan kelapa menjadi minyak. Saat proses produksi berlangsung sering mengalami hambatan atau aktivitas yang merugikan perusahaan seperti gangguan kerusakan mesin secara tiba-tiba. Diketahui pada mesin press sering terjadi kerusakan sehingga berdampak pada tidak terpenuhinya target produksi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan perawatan pada komponen kritis mesin press. Metode yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance, dengan melakukan analisa kehandalan dan mengetahui nilai waktu rata-rata kerusakan (MTTF) pada komponen mesin dan membuat penjadwalan untuk perbaikan dan penggantian komponen kritis mesin. Perhitungan perbaikan mesin press dengan menentukan komponen kritis dari masing-masing komponen mesin press dengan metode FMEA dan menentukan nilai RPN. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh 4 komponen kritis untuk dilakukan penjadwalan yaitu waktu penggantian screw selama 276,09 jam sekali pergantian, Komponen cagebar dengan waktu 279,09 jam sekali pengecekan dan penggantian, komponen kopling dengan waktu 316,32 jam sekali pergantian dan komponen bearing dengan waktu 347,6 jam sekali pengecekan dan pergantian. 

 

Kata kunci:  Perawatan, kehandalan, komponen kritis, RCM ,MTTF

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Noor, and Nur Yulianti Hidayah. (2017). Analisis Pemeliharaan Mesin Blowmould Dengan Metode RCM Di PT. CCAI. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol. 16.No. 2 ISSN 2442-8795 Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik. Universitas Pancasila. Jakarta Selatan.

Nur, W. (2008). Pendekatan Simulasi Monte Carlo Untuk Pemilihan Alternatif Dengan Decision Tree Pada Nilai Outcome Probabilistik. Jurnal Teknoin Vol.13, No 2. Fakultas Teknologi Industri UII. 2008 , 13.

Management, H. O. (1996). W.G Ireson dan Clyde F.Coombs. USA : McGraw-Hill.

Andrilla, D. (2014). Strategi Pemasaran Pada Mesin Las Mig di Industri Karoseri Kendaraan Niaga dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus:Pt. Adi Putro Wirasejati Malang). Tugas Sarjana-Jurusan Teknik Industri, Universitas Brawijaya .

Nachnul Anshori, M. (2013). Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenace System). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hanif, R. Y. (2015). Perbaikan Kualitas Produk Keraton luxury di PT.X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effectt analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol.3 No.3 Teknik INdustri ITENAS .

Yuhelson, B. S. (2010). Analisis Reliability dan Availability Mesin Pabrik Kelapa Sawit PT.Perkebunan Nusantara 3. Jurnal Dinamis Vol.2 No.6 Teknik Mesin USU .

Anggraini, W, DF. Ramadani. (2017). Usulan Strategi Perawatan Mesin Breaker dan Mesin Hammermill di PT. P&P Bangkinang Jurnal Teknik Industri. Ejournal.uin-suska.ac.id

Anggraini, W, Aditia A. (2016). Simulasi Monte Carlo Pada Penjadwalan Preventive Maintenance Komponen Kritis Mesin Breaker dan Mesin Hammermill. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri. Ejournal.uin-suska.ac.id

Anggraini, W. (2016). Preventive Maintenance Pada .Komponen Kritis Mesin Dengan Metode Reliability Centered Maintenance .publikasiilmiah.ums.ac.id

Aziz, Tahril., M. Salman Suprawardhana dan Teguh Pudji Purwanto. Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Berbasis Web Pada System Pendingin Primer di Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy.Jurnal Teknik Mesin dan Industri.Vol. 4.No. 1.2010. [Online] Available (http://jurnal.batan.go.id,

Djunaidi, Muhammad dan Sufa, Milla Faila. (2007). Usulan Interval Perawatan Komponen Kritis Pada mesin Pencetak Botol (Mould Gear) Berdasarkan Kriteria Minimasi Downtime.Vol. 18. No. 01, : 33-41 – Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Effendi, M. Syafwansyah, dan M. Khafizd Arifin. (2015). Perbedaan Risk Priority Number dalam Failure Mode and Effects Analysis FMEA Sistem Alat Berat Heavy Duty Truck HD 785-7. Jurnal Ilmiah Pengetahuan dan Penerapan Teknik Industri. Vol. 13. No.1. Banjarmasin.

Jono. (2015). Total Productive Maintenance Pada Perawatan Mesin Boiler Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi.Vol.3 No.2 ISSN 2303-1476 Jurusan Teknik Industri fakultas Teknik, Universitas Widya Mataram, Yogyakarta.

Kurniawati, Dwi Agustina, and Muhammad Lutfan Muzaki. (2017). Analisis Perawatan Mesin dengan Pendekatan RCM dan MVSM. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol. 16. No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i2.9701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhamad Fachri, Wresni Anggraini, Melfa Yola, Muhammad Ihsan Hamdy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.