Pengoptimalan Biaya Transportasi dengan Metoda North West Corner (NWC) dan Stepping Stone (SS) untuk Distribusi Produk Farmasi

Tatun Uswatun Hasanah, Puji Utami, Muchammad Fauzi

Abstract


             Model transportasi diadopsi untuk pengendalian operasi pabrik, penentuan daerah penjualan, pengalokasian lokasi distribusi dan pergudangan. PT. XYZ adalah salah satu perusahaan multinasional yang memiliki core business dibidang industry farmasi. Model optimasi merupakan salah satu model analisis sistem yang diidentikkan dengan operation research. penelitian ini menggunakan Northwest corner method (NWC)untuk memberikan prioritas pengalokasian dari pojok kiri atas matriks transportasi. Stepping Stone Method (SS) merupakan lanjutan dari NWC untuk mendapatkan solusi optimal dengan total biaya terendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan biaya optimal antara perhitungan dengan NWC dan SS. study ini juga membuktikan bahwa dengan menggunakan NWC dan SS, biaya yang didapatkan lebih optimal dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan pada studi kasus ini. 


Full Text:

PDF

References


Fatimah, N. L., & Wibawanto, H., (2015). Implementasi Pengoptimalan Biaya Transportasi dengan North West Corner Method (NWCM) dan Stepping Stone Method (SSM) untuk Distribusi Raskin pada Perum Bulog Sub Drive Semarang, Jurnal Ede Komputika. pp. 48-54.

Laely, N. (2015). Implementasi Pengoptimalan Biaya Transportasi dengan NWC Methode dan Stepping Stone Method untuk Distribusi Raskin pada Perum Bulog Sub Drive Semarang, Universitas Negeri Semarang.

Mulyati, E., and Aghitsna, A.,I.(2014). Perencanaan Tarif Ideal Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Politeknik Pos Indonesia.

Permatasari, D,. (2015)., Optimasi Distribusi Gula Merah pada UD Sari Bumi Raya Menggunakan Model Transportasi, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Putri, N.,(2013), Aplikasi Metode Stepping-Stone untuk Optimasi Perencanaan Biaya pada Suatu Proyek Konstruksi, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Teguh, M. (2014), Matematika Ekonomi, Jakarta.

Widya, I.,(2017). Mengoptimalkan Distribusi Pakan Ternak dengan Menggunakan Metode Transportasi, Universitas Maarif Hasyim Latif. Zaroni., Transportasi dalam Rantai Pasok dan Logistik, Supply Chain Indonesia, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i1.9468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tatun Uswatun Hasanah, Puji Utami, Muchammad Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.