Lean Services Untuk Perbaikan Pelayanan Administrasi Akademik di Universitas

Wresni Anggraini, Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Melfa Yola

Abstract


Hasil voice of customer pada salah satu universitas terdapat enam jenis waste pada pelayanan pengurusan surat mahasiswa yaitu duplication, delay, lost opportunity to retain or win customers, unclear communication, Movement dan Error in the service transaction . Pemborosan ini menyebabkan banyaknya keluhan mahasiswa terhadap proses pelayanan, sehingga  tingkat Process Cycle Efficiency  saat ini sebesar 0.16%. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan dengan menggunakan pendekatan lean services. Pendekatan lean services dengan menggunakan value stream mapping dapat mengidentifikasi nonvalue added activities dan wastes yang paling berpengaruh pada proses pelayanan. Keterkaitan antara satu waste dengan waste yang lain diidentifikasi dengan Waste Relationship Matrix (WRM). Hasil penelitian ini dapat mereduksi waste adalah sebesar 1.24%.


Full Text:

PDF

References


Adrianto, W. & Kholil, M. (2015). Analisis Penerapan Lean Production Process untuk Mengurangi Lead Time Process Perawatan Engine (Studi Kasus PT.GMF Aeroasia). Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 14, No.2.

Arfmann, D. & Barbe G, T. (2014). The Value of Lean in The Service Sector: A Critique of Theory & Practice. International Journal of Business and Social Science, Vol. 5 No. 2.

Gaspersz, V. (2006). Continuous Cost Reduction Through Lean Sigma Approach”. PT. Gramedia Pustaka Utama. Bogor.

Nuraeni, Y. (2010). Pembangunan Sistem Informasi untuk Penyelenggaraan Sertifikasi Dosen di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi, Vol. 2, No. 2,

Rochman, Fitrah, M, R., Sugiono & Efranto, R, Y.. (2014). Penerapan Lean Manufacturing Menggunakan WRM, WAQ dan VALSAT Untuk Mengurangi Waste pada Proses Finishing (Studi Kasus di PT. Temprina Media Grafika Nganjuk). Jurnal Teknik Industri, Vol 2, No. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i1.5246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wresni Anggraini, Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Melfa Yola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.