Analisa Sistem Antrian Loket pada PT. Tiki Jalan Teuku Umar Pekanbaru dengan Menggunakan Software Arena

Muhammad Nur

Abstract


PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang (kurir), sudah memiliki pengalaman dalam melayani jasa pengiriman barang ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, Sehingga menjadi suatu masalah bagi perusahaan ini mengenai sistem antriannya, terlihat bahwa rata-rata proses pelayanan sebesar 12,95 menit sedangkan rata-rata waktu kedatangan sebesar 2,5 menit. Maka terjadi antrian panjang karena adanya pelayanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk bertransaksi dengan jumlah waktu yang terlalu besar, mengatasi masalah yang kaitan dengan antrian salah satunya adalah melakukan analisis pada sistem pelayanan dengan menggunakan teori antrian yang disimulasikan kedalam software ARENA 14.0. Dibandingkan skenario awal yang rata-rata waiting time sebesar 0,6 dan utilitas 0,8625 dengan skenario terpilih yaitu skenario 3 yang rata-rata waiting time didapatkan sebesar 0,119 dan utilitas sebesar 0,5686, karena pelanggan yang datang dengan pelanggan yang keluar hampir sama, tidak banyak pelanggan yang tertinggal didalam, sehingga semua pelanggan dapat terlayani. Dapat dikatakan pada skenario 3 loket tidak sibuk dan waktu tunggu pada skenario 3 dapat terasi baik dengan penambahan 3 loket lagi. Penerapan pada perusahaan akan mengalami keuntungan besar karena pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang cepat dan baik.

Full Text:

PDF

References


Adriana. H, Perbaikan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Loket Satu Jamkesmas Di RSUD Rd. Moewardi Surakarta Dengan Metode Business Process Improvement Dan Simulasi. Surakarta. 2010

Ahse. N. S, dkk, Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Tingkat Pelayanan Yang Optimal Pada Kasir (Server) Rumah Makan Kober Mie Setan Malang Dengan Metode Simulasi. Malang.2012

Ginting P. J, Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi L ayanan Teller (Studi Kasus Pada Bank X di Kota Semarang). Semarang. 2013

Gurusinga. P, Sibarani. R, Analisis Rata-rata Nilai Fisika Dengan Metode Ekspositori dan Inkuiri Di Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia. Jakarta. 2011

Handoko. L. M, Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pada Operasional Toko di Supermarket UFO (United Fashion Outlet). Surabaya. 2013

Hardiwinoto, Perilaku Rasional Para Manajer Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Melalui Bank Syariah. Semarang. 2011

Julasmari. F dan Rahmadani. D, Simulasi Antrian Pelayanan Kasir Swalayan Citra di Bandar Buat, Padang. Padang. 2011

Law. A. M. dan Kelton. W. D, Simulation Modelling And Analysis, Second Edition, Mc-Graw-Hill: International. Singapura. 1991

Nursanti. I, dkk, Analisis Perbaikan Sistem Antrian Pelanggan Skin Care XYZ Dengan Menggunakan Model Simulasi. Surakarta. 2015

Sayuti. A. J, Pentingnya Standar Operasional Prosedur Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Dalam Perusahaan. Palembang. 2012

Setia Budi. H. P dan Siswanto. N, Simulasi Perbaikan Proses Bisnis Instalasi Gawat Darurat Dengan Metode Event-Driven Process Chain (EPC) (Studi Kasus: RSU Haji Surabaya). Surabaya. 2012

Staublish, M. J, Pujawan, I. N, Evaluasi Dan Simulasi Perbaikan Order Fulliment Process Pada Pupuk Urea Bersubsidi Dengan Pendekatan Lean Distribution (Studi Kasus: Kantor Pemasaran Jatim - PT. Pupuk Kaltim Tbk ). Surabaya. 2009

Sugiarto. F dan Buliali. J. L,Implementasi Simulasi Sistem Untuk Optimasi Proses Produksi Pada Perusahaan Pengalengan Ikan. Surabaya.2002

Wahyuningsih. S, Perancangan Aplikasi Sistem Antrian Service Mobil Pada Bengkel Waris Sibolga Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Server. Medan. 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.